Rabu, 20 Januari 2021

Laki Iyang Meninggal Dunia

Kamis, 21 Januari 2021

Sabtu (09/01/2021) sore jelang malam Ahad, samar-samar terdengar dari mulut Ida H Ardi yang berbincang dengan Umanya Madan, kalau Laki Iyang meninggal dunia. Entah hari Kamis atau Jum’at kemarin.

Laki Iyang tetangga saya, rumahnya depan rumah saya, yang ia sewa dari Kasum. Di rumah itu ia tinggal dengan isteri, Iyang dan seorang bocah lelakinya. Sudah beberapa tahun ini mereka menempati rumah tersebut.

Saya tak tahu nama asli Laki Iyang, dan asalnya. Juga di mana ia dimakamkan. Selama ini Laki Iyang terkenal sebagai sosok yang tegas dan pekerja keras. Setiap hari kerja dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00 WITA berangkat ke arah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dengan motor laki.

Tempat kerjanya di Muda Kreatif Barabai, entah apa pekerjaannya, saya tak tahu pasti. Pulangnya biasa menjelang shalat Maghrib. Hari Minggu atau tanggal merah di kalender ia libur. Perokok berat ini selama bergaul dengan saya cukup ramah, dan kerap memberi petuah agama.

Usianya mungkin lebih dari 50 tahun. Sudah beberapa kali masuk rumah sakit. Yang terakhir ini ia masuk Klinik Utama Mubarak Panggung Haruyan. Bila ada waktu lowong Laki Iyang pergi dari rumah untuk memancing ikan, juga membersihkan rumput depan rumah sewaannya.

Keluhan yang pernah ia utarakan kepada saya, karena tak masuk data pemilih saat beberapa kali pemilu. Belakangan diketahui kampung Laki Iyang di Bulau, Barabai, Kabupaten HST. Semoga amal ibadah diterima Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan tabah menjalani.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)