Selasa, 26 Januari 2021

Diary Hangkinang : Masih Balum Diidit

 Rabu, 27 Januari 2021

[SENIN, 25 JANUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Imi, Rizal, Rasyidi, Sariansyah, Bandi Puspa, Chamuy, Amly, dan H Samhuri. Cuaca di luar Langgar saat saya pulang sedang cerah.

 

[SELASA, 12 JANUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan tamu, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan barian Sanah Tapha, tapih kuning kotak-kotak, kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Rizal, Bandi Puspa, Rasyidi, Budi Nida, Sariansyah. Ada Raffi Ika ikut basalaman. Cuaca saat pulang ke rumah hujan gerimis.

 

[SENIN, 25 NOVEMBER 2019]

>Dengan Bapak Sayuti, Fauzan Azima, dan Fauzan Zainury, Senin, ambil nasi kotak ke Sungai Baru, dekat rumah Ibu Rabiatul Adawiah. Saya berdua dengan Bapak Sayuti, Fauzan Zainury pakai sepeda motor Ibu Rabi. Fauzan Azima dengan Ibu Rabi. Nasi kotak itu konsumsi peringatan Maulidirrasul 1441 H untuk Kepala Madrasah, Dewan Guru dan Tata Usaha MTsN 3 HSS.

>Tidak shalat Maghrib berjamaah di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, karena bangun tidur saat orang maayat.

>Angely Emisari, Kepala Desa yang penyanyi dangdut cantik dari Lamongan. Tampil jadi nara sumber Hitam Putih Trans 7 malam Selasa.

 

[SELASA, 26 NOVEMBER 2019]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan. Samping kanan H Samhuri, samping kiri Rasyidi. Usai shalat, setelah Wirid dan Do’a, sebelum basalaman, Imam H Mastur sempat menyampaikan tentang kelebihan Berdzikir dan Bershalawat. Di mana pada zaman Nabi pernah orang mabuk dan berzina, mendapat anugerah karena Berdzikir dan Bershalawat.

 

[RABU, 13 JANUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Rizal, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, Budi Nida, Sariansyah, H Mastur, Amly, dan  Samhuri. Cuaca di luar Langgar saat pulang cerah.

 

[KAMIS, 12 MARET 2020]

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar malam Jum’at, Imam Yus’an, Muazin Hairul Ilmi. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, samping kiri Rasyidi. Pembaca Do’a H Tatam.

>Usai shalat Isya ke kios Ida H Ardi beli mie instan, kopi instan, Teh Gelas, dan snack.

>Kembali saksikan Uang Kaget di GTV malam Jum’at. Keluarga Pak Saman, tukang ojek di Tangerang.

>Telaga Biru, Tangerang. Ade Herlina dan Icha Bedah Rumah GTV malam Jum’at. Bapak Jasan, penebang pohon dan baingun kambing. Isterinya berjualan kacang panjang.

 

 

[JUM’AT, 13 MARET 2020]

>Beli anu Diik, iwak karing, tahu, tempe, dan mie.

>Rejeki Jum’at siang paisan luncar dari Umanya Amud, wadai apam dari Bini Aruah Ani.

>Hujan di siang Jum’at. Berkilat dan berguntur.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Sabtu, Imam Bahrudin, dan Muazin Rasyidi. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri Abin.


[JUM’AT, 22 JANUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan barian Sanah Tapha, tapih kuning hitam Sekumpul, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Chamuy, Sariansyah, Budi Nida, Bandi Puspa, dan Yadi Yanti. Sempat berdiam diri di Langgar, sambil membaca amalan selesai basalaman, karena di luar hujan lebat turun. Selesai membaca amalan, hujan masih belum reda, saya putuskan untuk pulang ke rumah dengan menerabas hujan. Kopiah dimasukkan ke dalam baju.

 

>Hingga Jum’at pukul 08.00 WITA, hujan masih turun mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya. Saya di rumah saja, menulis dan mendengar radio.

.....................

 [SABTU, 23 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Mastur, Rizal, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, dan Amly. Cuaca di luar Langgar cerah,

................

[RABU, 30 DESEMBER 2020]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Bandi Puspa, samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bandi Puspa, Budi RT, Rizal, Rasyidi, Chamuy, Sariansyah, Budi Nida, Amly, dan Nantung.

 

>Usai melayat ke tempat Bapak H Muliadi, dengan Bapak H Didi, Bapak Sayuti, dan Tami singgah di Warung Gaza Palestina Bakarung. Saya menikmati satrup es dan beberapa gorengan.

 

>Hujan mengguyur Angkinang Selatan, Rabu sore dan malam Kamis.

 

>Beli air mineral gelas 1 dos, mie instan, dsb.

................

 [SABTU, 14-03-2020]

 

>Dari kejauhan jelang shalat Isya malam Ahad ada Paman Madi ke rumah Umanya Amud.

 

 

[AHAD, 15-03-2020]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, samping kiri Rasyidi.

 

>Rasyidi Saminuy nikah hari Ahad. Dengan orang mana?

 

>Usai Subuh Ahad ke tempat H Hamdan Dibah. Ada acara mahaul Hj Rahimah binti Abdus Samad. Siapanya H Hamdan ? Pemimpin pembacaan surah Yasin, Tahlil, dan Doa H Mastur. Menu nasi bungkus nasi kuning iwak haruan / tauman masak habang. Juga teh manis dan wadai lamang, untuk, dsb.

 

>Posisi saya saat di rumah Eza Dibah, samping kanan Utuh Ghalib, samping kiri Bandi Puspa. Ada banyak mainan anak dekat saya duduk. Seperti mobil-mobilan, dan lainnya. Karena memang H Hamdan pedagang mainan anak yang dijual ke Kaltim.

 

>Arisan Ibu-Ibu Langgar Al Kautsar, Ahad siang di tempat Mama Mia / Bini Aruah Ani.

...............

[JUM’AT, 13-03-2020]

 

>Malam Sabtu imbah Maghrib Wahyu datang ke rumah mambari roti bakar nang dibari orang, pedagang di Pasar Angkinang.

 

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam Husai HG, dan Muazin Lakum. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Diqi H Imi, dan samping kiri Rizal.

 

>Usai Isya malam Sabtu, Diqi H Imi mengatakan ia di Banjarbaru sekarang. Sedang libur ke rumah orang tua pulang.

 

>Ini Talkshow masih di Jakarta Timur malam Sabtu di Net TV, bersama Cita-Citata, Santy Simorangkir.

 

>Cepat atau lambat, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, kita akan mati.

 

 

[SABTU, 14-03-2020]

 

>Saruan pangantinan anak Nantung di Barabai, tepatnya di Jalan Tri Kesuma Gang Indah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Sabtu pagi, ditemani Rahman Alack. Basapida mutur berdua. Menu yang dipilih gado-gado ditambah lauk telur. Undangan lain dari Angkinang ada Bahrudin dengan isteri, Sariansyah, Abau, Sani, Kaspul Madah, Utuh Ghalib, Utuh Utih, dll.

...............

..........................

................

...............

[SABTU, 2 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi RT, Rizal, Bandi Puspa, Chamuy, Sariansyah, H Mastur, dan Budi Nida.

 

................

.................

[AHAD, 3 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Yusan, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Yusan, Budi Nida, Rizal, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, Budi RT, Sariansyah, Amly, dan H Samhuri.

 

.....................

[SENIN, 4 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sariansyah, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju lengan panjang sasirangan kuning, tapih hijau kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sariansyah, Rizal, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, Budi RT, Budi Nida, Yus’an, Amly, dan H Samhuri.

 

............

 

 

 

[RABU, 23 DESEMBER 2020]

 

>Rabu sore hujan mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya, tepatnya saat shalat Ashar tiba. Terbilang cukup lebat. Asyiknya babungkun di tempat tidur.

 

>Rabu pagi sawat ke ATM BRI Unit Angkinang ambil uang Rp 300 ribu.

 

>Rabu pagi ke warung Acil Aar Bakarung, makan ketupat lauk hintalu jaruk, ditemani secangkir teh manis hangat.

 

>Malam Kamis ke tempat Iyang di tengah rintik hujan, beli mie instan, kerupuk, dan snack lainnya, total Rp 10 ribu.

................

[SENIN, 22-07-2019]

 

>Ada apa jelang Maghrib Abahnya Awi basapida mutur Beat diikuti Budi RT dan seorang yang lain membawa sepeda motor Alfa Abahnya Awi. Balik lagi Budi RT bawa lelaki dibonceng arah ke hulu. Sementara saat mau ke Langgar malam Selasa di rumah nenek, keluar Hj Asa dan Lakum. Ada apa ? Semoga tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

 

>Pagi Senin duduk di bangku panjang Abahnya Ahyar. Menunggu Umanya Amud yang mau ikut ke madrasah. Ada Kacit dan Harmuni ngobrol. Beberpa puluh menit tak juga muncul Umanya Amud. Saya datangi ke rumah, lagi makan. Saya disuruh duluan bawa dan bawa HP, agar nanti bisa dihubungi.

 

 

[SENIN, 11-11-2019]

 

>Dengan Fauzan Zainury, Senin pagi saat sedang upacara bendera pagi Senin saya saruan ke tempat Rezky Iting, sekitar 50 meter dari madrasah. Pangantinan dengan orang Rantawan. Katanya TKW, apakah ibunya atau calon isteri Iki Iting itu. Saya mengambil menu ketupat baurap dan ikan kering sapat.

 

>Silaturrahmi menambah nikmat dan rejeki.

...............

................

[JUM’AT, 25 DESEMBER 2020]

 

>Jumat pagi ke Pasar Bagambir, makan nasi bungkus di sebuah warung. Beli kadut Rp 30 ribu.

 

>Ke warung ketupat Acil Aar Bakarung Jum’at pagi. Nikmati ketupat, lauk hintalu jaruk dan ayam masak habang.

 

>Beli BR hayam 3 kilogram dan odol Pepsodent di kios Danty Jum’at pagi.

................

 

[KAMIS, 14 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa / Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Rizal, Chamuy, Budi RT, Bahrudin, Yus’an, Bandi Puspa, dan Budi Nida. Saat bersalaman dengan jamaah lain, terlihat plafon sisi kiri langgar depan dalam bocor, saat hujan lebat seperti tengah terjadi sekarang air merembes ke lantai Langgar. Cuaca di luar Langgar hujan lebat, saya berpayung saat berangkat dan pulang dari Langgar.

................

(Puisi xxxxx)

....................

[KAMIS, 2 JANUARI 2020]

 

>Kita tinggal menjalani saja masa krisis itu : krisis bensin sepeda motor, keuangan, dsb. Roda tengah berada di bawah. Insya Allah semua akan berakhir. Kesenangan dan kegembiraan bakal dijalani nantinya, tunggu saja.

 

 

[JUM’AT, 3 JANUARI 2020]

 

>Saat shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, ada orang memakai baju bertuliskan BULANANG. Lalu dua orang memakaai baju media cetak online www.netnewsmetropol.com.

 

>Khatib / Imam shalat Jum’at H Mastur, Bilal Dahri. Tema hak bertetangga. Posisi duduk saya saat khotbah, samping kanan anak muda orang Lukdalam, samping kiri orangtua asal Lukdalam.

 

 

[SABTU, 4 JANUARI 2020]

 

>Sebelum basalaman shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam H Mastur pesan singkat saat melewati pekuburan sedekahkan Fatihah Empat. Mereka sangat menunggu sedekah dari orang yang masih hidup di dunia.

..................

(Puisi xxxxxxxx)

.................

[JUM’AT, 15 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Imam Yus’an, Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam Sekumpul, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Budi RT, Chamuy, Bandi Puspa, Budi Nida. Cuaca di luar Langgar gerimis.

 

>Usai shalat Subuh Jum’at diundang Hj Asa ke warung Hj Isum selamatan, dilayani Ika anaknya. Pemimpin Do’a Selamat Bandi Puspa. Menu yang saya santap berupa nasi putih, lauk ayam Filipina, dan teh manis. Pulangnya disangui satu nasi bungkus lagi.

..................

..................

[SELASA, 27-08-2019]

 

>Berhutang akhirnya di warung Mama Icha Rp 10 ribu.

 

>Serba habisan di tanggal tua, umpan ayam habis, bensin berkurang, semoga ada rejeki.

 

>Managuk liur melihat tayangan di Trans TV, Bikin Laper.

 

>Umanya Madan Rabu besok mau operasi mata di Rumah Sakit H Hassan Basery Kandangan.

 

>Perkawinan besok Rabu : Untung Muhan parak SMP Angkinang dan Dessy Mali di Pulantan.

 

>Malam Rabu saat shalat Isya di Langgar Al Kautsar seekor kucing dewasa warna abu-abu rebahan dengan tenangnya, di bagian tengah shaf laki-laki sisi kanan.

 

 

[JUM’AT, 01-11-2019]

 

>Saya tak suka melihat dan mendengar saat wirid dan do’a ada yang bapandir. Seperti penting sekali. H Imi dan Budi Nida. Tak beradat. Kalau mau lebih leluasa keluar Langgar saja, bebas tidak mengganggu jamaah lainnya. Tapi itu terus berulang-ulang terjadi, waktu shalat di Langgar, seperti shalat Maghrib malam Sabtu.

....................

..............

[SENIN, 22-10-2007]

 

>Dua jendela depan Langgar Al Kautsar berubah wajah.

 

>Saat ada Tina, Ilin, dan Bainah, Putera bercerita ada kasus anak memperkosa ibu kandung sampai hamil di Bamban.

 

>Aam : Bapak, cupu karing banar.

 

>Begitu cepat waktu berlalu. Orang menganggap apa aku ini.

 

[SELASA, 23-10-2007]

 

>Ke Barabai lawan Mustapa Hadi ma install CPU ke KPKN Barabai. Kamarian maambil baasa. Bulik jam 5.

 

>Julak Ijun, Ninya Nisa, meninggal dunia dalam usia 90 tahun pukul 12.00 WITA. Dimakamkan besok pukul 11.00 WITA.

 

>Aliman Syahrani ma-sms mengajak ikut Workshop Cerpen di Banjarmasin, Jum’at sampai Ahad ini.

 

>Didin : aku bagawi jadi staf TU SMAN 1 Angkinang.

 

>Kematian akan menimpa siapapun, kapanpun, di manapun, siapkah kita? Punyakah modal untuk menujunya?

.............

[SENIN, 18 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh, Senin, tanpa basalaman, untuk pertama kali terjadi di Langgar Al Kautsar. Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Rizal, Chamuy, Bandi Puspa, Sariansyah, Budi Nida, dan Amly. Cuaca di luar Langgar terlihat cerah.

 

..................

 

...............

[AHAD, 27 DESEMBER 2020]

 

>Shalat subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shlaat shaf depan kanan. Samping kanan Bahrudin, dan samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Bahrudin, Kaspul Madah, Chamuy, Budi RT, Budi Nida, Sariansyah, Yus’an, dan Abahnya Unai Saburi.

...............

................

[SENIN, 28 DESEMBER 2020]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Yusan, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding Langgar, samping kiri Budi RT. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam Sekumpul, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi RT, Rizal, Rasydi, Budi Nida, Chamuy, Bandi Puspa, dan Abahnya Unai Saburi.

 

>Senin pagi ke madrasah. Singgah sebentar di warung Mama Icha beli nasi bungkus, wadai dan kerupuk.

...............

...............

.................

[AHAD, 10 JANUARI 2021]

 

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Yusan, dan Muazin Sarianyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Rizal, Rasyidi, Budi RT, Chamuy, Bandi Puspa, Sariansyah, dan Budi Nida.

 

>Mendung di pagi Ahad, gerimis turun tak lama kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)