Rabu, 03 Februari 2016

Sawah Digunakan Untuk Pembelajaran

Kamis, 4 Februari 2016




Berada di pedesaan yang didominasi lahan pertanian, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) secara tidak langsung juga berhubungan dengan dunia pertanian. Dimana madrasah ini memiliki lahan kosong yang belum digunakan untuk pendirian bangunan baru.

Kepala MTsN Angkinang Gazali, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan lahan tersebut cukup potensial saat musim hujan digunakan untuk ditanami padi. “Daripada terbengkalai lebih baik digarap untuk lahan pertanian. Nanti hasilnya bisa digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan,” ungkap Gazali, saat dihubungi Kamis (04/02/2016) pagi.

Menurut Gazali, lahan tersebut bisa juga digunakan sebagai kelas alam. “Maksudnya untuk praktek mata pelajaran yang berhubungan. Seperti mata pelajaran Penjasorkes, IPA, IPS, dsb. Guru dan siswa turut ditugaskan membersihkan lahan dari gulma atau rerumputan yang tumbuh,” ujar Gazali.

Ditambahkan Gazali, bila sudah siap akan ditanami padi. “Jadi kami cukup menggerakkan guru dan siswa untk membersihkan lahan. Mereka tampak begitu semangat. Adanya lahan ini kerap dijadikan sarana pembelajaran,” ujar Gazali.

Mariam Ayu Anggraini, siswi Kelas VII E MTsN Angkinang turut senang membantu membersihkan lahan tersebut. “Lewat kegiatan ini kami tahu bagaimana caranya memanfaatkan lahan pertanian. Ini merupakan bagian dari proses pembelajaran juga,” ujar Mariam Ayu Anggraini. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...