Rabu, 04 Februari 2015

Manjatu Kasturi

Rabu, 4 Februari 2015



            Kalimantan Selatan boleh berbangga memiliki maskot flora berupa kasturi. Buah khas Kalsel ini berukuran seperti telur bebek atau ayam. Buah yang matang berwarna ungu. Biasa disebut warna hauk atau manaruman. Mangganya Kalimantan ini menjadi primadona buah yang disukai oleh warga setempat maupun pendatang.

            Saat musimnya tiba ramai orang manjatu (memungut yang sudah jatuh ke tanah). Tak terkecuali anak-anak kampung saya. Tanaman kasturi mempunyai pohon besar yang usianya puluhan tahun. Bahkan di tepi jalan raya di Kecamatan Angkinang ada beberapa pohon kasturi.

            Manjatu kasturi memiliki keunikan tersendiri. Biasanya ramai bila angin ribut sedang berhembus. Pada waktu saya kecil dulu pun saya senang melakukan hal ini. Musim kasturi yang biasanya bertepatan dengan musim bahuma. Memberi kegembiraan tersendiri bagi anak-anak desa.

            Biasanya saya manjatu kasturi saat orang sibuk di sawah. Saya menyempatkan waktu mendatangi beberapa pohon kasturi yang berbuah lebat. Jaraknya sekitar ratusan meter dari rumah saya. Kasturi banyak ditemukan di tempat tersembunyi. Menyatu dengan rumput maupun semak-semak. Di bawah pohon salak. Tapi kita harus berhati-hati. Sewaktu-waktu kepala kita akan tertimpuk kasturi yang jatuh tiba-tiba. Mungkin karena disentuh atau dimakan tupai.***




Kandangan, 15 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...