Senin, 16 Februari 2015

Catatan Lawas

Senin, 16 Februari 2015


Selasa, 16-10-2007



*Aku mencari tempat yang tepat agar dapat menikmati hiburan kali ini. Karena di pelataran rumah Ami kosong lalu aku duduk disana. Di depan ada adingnya Zaelani yang cukup menarik perhatianku. Kadangkala aku menggodanya. Karena disampingku bibinian haja aku melangkah pergi ke tempat lain. Sesekali penonton bersorak bila pasangan penari melakukan tingkah yang unik dan lucu. Pasangan penari itu biasanya membayar untuk mengiringi lagu. Yang kerapkali tampil adalah Udin Ambin, Amuy, Didin, dll. Aku masuk ke arena hiburan. Alunan musik kian mendayu. Penonton makin padat. Kubuka handycam lalu menyorot para pemain musik panting / japin. Juga ke penonton. Tentu saja bila kepada wanita cantik sorot handycam lebih lama.

*Mandiri Finance (Kawasaki) Sarana Auto Mandiri.

*Malam tadi aku seperti biasa usai berita nasional di TVRI menyaksikan film dokumenter flora dan fauna. Tadi malam soal kehidupan binatang simpanse di Tanzania. Film produksi National Geographic Television itu sangat menggugahku. Terus terang aku memang suka tayangan tentang lingkungan apalagi soal fauna. Sementara sinetron Indonesia yang hanya pamer aurat dan kekayaan saja. Sudah membosankan. Ada seekor simpanse yang mencari makan dengan cara memotong daun setelah itu dimasukkan ke dalam lobang anai-anai. Sehingga bertenggerlah anai-anai. Lantas diangkat dan dimakan satu persatu. Seperti itulah tiap kali yang dilakukan oleh simpanse itu. Ternyata untuk memperoleh kesuksesan harus melewati usaha. Jangan hanya berdiam diri saja. Mana ada rejeki datang sendiri tanpa ada usaha. Tak ada bintang jatuh. Hal ini mengisyaratkan bahwa apapun jalannya asal halal harus dilewati untuk menggapai sebuah tujuan.

*Iruy, Adul wan Amat bakawan sudah lagi halus. Waktu kalas III Aliyah, buhannya sama-sama maucapakan janji kaina lulus SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) buhannya handak marayaakan basama-sama.

Iruy : Bila aku lulus, buhan ikam kutaraktir makan katupat Kandangan sampai puas.

Adul : Amun aku manyiwa cottage di Loksado gasan maadaakan pista sakaligus balibur disana.

Amat : Yah, buhan ikam payah, nintu barataan biasa haja. Amun aku lulus, maka aku wani bapacaran lawan nini-nini nang sudah tuha.



Waktu pangumuman SPMB tiba, tanyata buhannya nang batiga nintu lulus. Jadilah acara nang sudah buhannya janjiakan waktu nintu. Imbah puas makan katupat di Parincahan nang ditaraktir Iruy, buhannya langsung baistirahat di cottage Loksado. Tinggal Amat nang balum manapati janjinya. Marasa supan lawan kakawanannnya dangan tapaksa Amat mancari nini-nini nang hakun dibawai bacinta. Imbah nintu takadilah hubungan asmara balain ganarasi nintu. Imbah kuliah (buhannya kuliah di wadah nang sama) ada sarumbungan bis urang jumpu nang singgah ka kampus buhannya. Barataan nini-nini. Saikung katuanya langsung turun mancari urang nang bangaran Iruy, Adul, wan Amat. Imbah batamu lawan Amat nini-nini nintu baucap : Ah nia urangnya. Amat pina hiranai. Apada apani. Nini : Kada cu ai, nini mawakili kakawanan di bis cuma handak batakun, pabila pulang acara SPMB diadaakan.

…………….

Rabu, 17-10-2007



*Aku mencermati kembali foto-foto lama itu. Oh betapa indahnya dan cukup mengesankan. Andai bisa terulang lagi. Bergerilya mendapatkan momen indah untuk diabadikan.

*Duh indahnya kata mesra hidup bersuami isteri. Bilang kata ading kepada isteri. Isteri bilang kata kaka kepada suami.

*Genggam erat jemariku.

*Mataku berkunang-kunang. Pemandangan sekitar jadi kabur. Pertanda apakah ini ? Baru kali ini aku merasakannya. Langit cerah. Sorot lampu sinter memutar sekitar kami berjalan. Malam ini aku rencananya menjebak maling ayam yang kerapkali meresahkan warga beberapa minggu terakhir ini. Segala persiapan sudah dimatangkan. Tiba-tiba aku bersin. Aku berhenti melangkah. Gelap menyelimuti.

*Tak ada kesan angkuh pada dirinya.

*Melihat cahaya. Melihat warna. Katanya aku masih kecil.
*Takut. Aku tak berani lagi. 5 tahun lagi aku akan datang padamu

*Berjalan menyusuri jalan yang tak betrtepi. Memaksakan diri. Sekarang aku berkhayal. Sebagai pengikat rasa rindu.

*Galang bahar

*Kai Yani : Tumat mana

*Buruk sikuan

*Kai Iyun : Kai Barak, makan dodol dimakan ayam. Lalu mengejar ke ayam itu. Karena dalam dodol ada gigi palsu.

*Dengan tiba-tiba kelapa jatuh. (Pas bajalan nyiur mandabuk)

*Jika aku terpilih jadi anggota PPK Angkinang : belajar basapida mutur, bekerja keras, menambah pengalaman.

*Huja  turun dengan lebatnya tengah malam.

*Saat ini kami berada di tengah hutan. Perjalanan masih jauh. Kelelahan dan keletihan mulai menghinggapi. Panas mentari turun membias dalam perjalanan kali ini. Solusinya kalau berjalan baimbai tim ada yang lewat sendiri tim Saka Bhayangkara HSS.



Kamis, 18-10-2007



*Problem pedagang kue Pasar Angkinang.

*Jangan baranaian haja

*Kekhawatiran muncul ketika ada perasaan ketidakmampuan dan kekurangan menyelimuti diri.

*Malam Juma’t perdana ceramah agama yasinan di rumah Ajam. Dengan materi tauhid, fiqih dan tasawuf.



Sabtu, 20-10-2007



*Melihat kehidupan ayam

*Akankah aku lulus jadi anggota PPK Angkinang ? Tunggu 22 Oktober 2007

*Secepatnya dibeli : isi ulang pulsa, BR anak ayam, sepeda = sepeda motormenanam Lombok, kawin, teve, kompiuter, dan anik hhaji.

*Jakket sandal, sepatu hitam kamnotr, tas, sepatu sport, baju , celana

*Ketidakmammpuan, keterbatasan, yang kita miliki

*Manaluipiun Umie

*Terlepas dari belenggu penjajahan

*Aku ingin jadi bos

*Kamera digital, handycam, scanner, fotografer

*Jagung ditanam hari ini. Tanah dicangkul biar gembur dan subur. Jangan bagana dirumah haja. Kulir bausaha. Paman handak nang nyaman. Guring haja digawi. Kada tahu samacam-macam. Makan tinggal manyuap.

*Hati yang teriris. Pilu anuai

*Parfum, silet

*Malam Ahad Ugub datang ke rumah soal inta tabangakan nyiur. Cagar baulah nyiur. Juga sual handak barangkat naik haji tahun 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...