Selasa, 14 Februari 2023

UGD dan IGD

 Rabu, 15 Februari 2023

Apa beda UGD dengan IGD. Sering saya temui di Rumah Sakit (RS). Dulu Unit Gawat Darurat (UGD), pasien RS akibat kecelakaan laluliintas, sehingga butuh penanganan lebih khusus dan serius.

Sementara kalau Instalasi Gawat Darurat (IGD) pasien apa saja yang masuk ke RS, sebelum nanti dimasukkan ke ruang sesuai penyakitnya.

Di IGD butuh waktu lama pasien hingga bisa dibawa ke kamar ruangan. Seperti yang dialami Acil saya, Hj Asmiati binti Suliman (65), atau Umanya Madan.

Karena tidak ada nafsu makan saat ada di rumah dalam beberapa minggu ini, selain juga keluhan penyakit serba kuning, atau lever.

Harus merasakan beberapa puluh menit berada di IGD. Sebelumnya kami tiba di RS Brigjend H Hassan Basery (BHHB) Kandangan sekitar pukul 22.00 WITA. 

Beberapa puluh menit kemudian baru masuk ke Ruang Penyakit Dalam (RPD) Al Qadr Lantai II Kamar 12.

IGD adalah alur utama yang mesti dilewati seorang pasien RS, sebelum masuk ruang perawatan berikutnya, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut***

 

Dari Diary Akhmad Husaini, Jum’at (09/12/2022)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)