Rabu, 22 Februari 2023

Menengok Langgar Al Kautsar RT 1 Desa Angkinang Selatan

Kamis, 23 Februari 2023

Langgar Al Kautsar, merupakan sarana ibadah di RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Terletak di tepi jalan nasional / Trans Kalimantan, sisi kiri arah ke Banjarmasin. Saya tak tahu pasti kapan Langgar Al Kautsar berdiri. Yang pasti saat saya kecil sudah ada.

Beberapa orang penting pernah datang ke Langgar Al Kautsar, yang jaraknya sekitar 50 meter dari tempat saya tinggal. Saya ke sana biasanya berjalan kaki, dengan menyeberangi jalan beraspal, jalan raya, jalan Trans Kalimantan.

Yang pernah datang, ada Bupati HSS, menginjakkan kaki di Langgar Al Kautsar, seingat saya dalam rangka menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, adalah Bupati HM Safii.

Sementara itu, orang yang jadi pengelola Langgar Al Kautsar, dengan sukarela dan penuh keikhlasan tentunya. Diantaranya yang saya ingat ada H Lansani (alm), H Ardi, dan Rusbandi. Sebagai sarana untuk menunaikan ibadah, shalat fardhu lima waktu berjamaah. Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Juga shalat Tarawih pada malam bulan Ramadhan.

Selain itu juga Langgar Al Kautsar, sebagai sarana syiar Islam, wadah menuntut ilmu agama. Kuliah Maghrib setiap malam Senin bersama Ustadz Sairazi dari Kandangan. Kemudian pada setiap bulan Rajab dan Sya’ban digelar Babacaan Jum’at siang menjelang Ashar bersama Tuan Guru / Ustadz yang diundang khusus.

Sarana prasarana di Langgar Al Kautsar ada kran air untuk berwudhu, WC, dan kamar mandi. Juga sound system, untuk meluaskan jangkauan suara dari Langgar Al Kautsar untuk syiar Islam. Pada bulan Ramadhan kegiatan keagamaan kian semarak. Selain shalat Tarawih, ada juga Kuliah Tujuh Menit (Kultum), Tadarus Qur’an. Lalu menjelang Idul Fitri ada penerimaan dan penyerahan Zakat Fitrah.

Langgar Al Kautsar merupakan sarana ibadah yang sering disinggahi orang karena posisinya yang cukup strategis. Biasanya orang yang singgah, naik mobil atau sepeda motor, mau istirahat, atau buang air, dan menunaikan amal ibadah di sana.

Semoga keberadaan Langgar Al Kautsar, banyak memberi manfaat untuk kemaslahatan umat Islam, bukan saja bagi warga di kampung saya, tapi juga tamu yang singgah dari daerah lain. Suasana tempatnya yang bersih dan nyaman akan terus tetap terjaga sampai kapanpun.***

 

Dari Diary Akhmad Husaini, Senin (30/01/2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)