Senin, 06 Februari 2023

Menengok Sebentar Pasar Pantai Hambawang

 Selasa, 7 Februari 2023

Sudah teramat sering saya pergi ke Pasar Pantai Hambawang, yang terletak di Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Berjarak sekitar 11 kilometer dari Angkinang Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tempat saya tinggal. Sementara dari Barabai, ibukota Kabupaten HST sekitar 10 kilometer.

Kenapa saya sering ke sana. Sekedar cuci muka, lihat suasana pasar mingguan yang digelar setiap hari Selasa. Merupakan tempat pertemuan para pedagang dan pembeli dari berbagai daerah di Banua Enam. Tak hanya dari HST, tapi juga kabupaten tetangga seperti Kabupaten HSS, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan.

Letaknya yang cukup strategis, berada di tepi jalan Trans Kalimantan, sisi kiri arah menuju Barabai, jadi memudahkan akses menggapainya. Hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan sepeda motor butut, saya sudah sampai di sana. Melewati Angkinang, Bamban, Pangambau, Barikin, Haruyan, Muara Tabu Darat, hingga akhirnya roda motor saya berhenti berputar di sebuah simpangan.

Lantas saya memarkir sepeda motor di tempat langganan. Lalu saya kujuk-kujuk melihat suasana pasar dari semua sudut. Apabila menarik perhatian saya singgah, bukan untuk membeli tapi sekedar melihat-lihat saja. Bila selesai dan puas saya lanjutkan ke tempat lain.

Yang pernah saya lakukan di pasar ini, potong rambut, minum dan makan di warung, beli ayam dan itik untuk dipelihara di rumah. Kemudian beli buku tulis dan pulpen. Melihat orang berjualan obat untuk keperkasaan pria. Saya tak lama paling sejam dua jam sudah bosan, lantas sesudahnya pulang.***

 

Diary Akhmad Husaini, Selasa (07/02/2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)