Senin, 26 April 2021

Gangan Kaladi Diary Hangkinang

 Selasa, 27 April 2021

[SELASA, 20 APRIL 2021]

>Malam Rabu, hujan lebat mengguyur Hangkinang dan sekitarnya. Saya tak shalat Tarawih dan Tadarus Qur’an di Langgar Al Kautsar. Saya dengar yang jadi Imam shalat Tarawih Ustadz Hatta Mujammil.

>Ibu Zakiyah, minta tolong, hari Rabu, ia tak bisa hadir pada pelaksanaan Tes Wawancara PPDB, karena keluarganya di Banjarmasin sedang sakit, jadi ia absen. Untuk itu dia minta saya menggantikannya sementara urusan pelaksanaan kegiatan.

>Selasa pagi, bertemu dengan Ariza Syarif, teman waktu sekolah di MAN 2 Kandangan dulu. Ia mengantar anaknya masuk MTsN 3 HSS, ikut Tes Wawancara. Sekarang Ariza bekerja di Bagian Umum Setda Pemkab HSS. Dulu saya sering melihat Ariza sebagai anggota Satpol PP. Sudah beberapa tahun ini ia mengaku pindah ke Bagian Umum. Pernah jadi sopir H Ardiansyah, Wabup HSS.


[SENIN, 19 AGUSTUS 2002]

>Cangul 2002. Begitu cepat waktu berlalu. Hidup di perantauan penuh dengan suka dan duka.

>Banih yang kami katam selama di Gambut, jenis Pandak, Siam Perak, dan Lakatan.

>Seberapa banyak pengalaman yang kuperoleh selama madam ke Gambut tahun 2002. Acara teve yang saya lihat ada layar anak Surat Buat Presiden (SCTV), Angling Darma, Misteri Gunung Merapi (Mak Lampir), Seberapa Pantas, dsb.

>Tiap subuh kedinginan.

>Dua kali Jum’at saya shalat Jum’at di Masjid Nurul Iman, Desa Banyu Hirang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel.

>Begitu indah hidup di pamadaman.

>Hidup penuh dengan tantangan.

>Karena di Lapangan CBS Martapura ada upacara, mobil taksi Colt L-300 yang kami tumpangi lewat Jalan Batuah dan Jalan P Abdurrahman.


[SELASA, 20 AGUSTUS 2002]

>Urang bungas di pamadaman, Banyu Hirang, Gambut, tahun 2002. Ada Anis, Atie, Elen, Lina, dan Yenni Anjelika.


[KAMIS, 22 APRIL 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam kotak-kotak. Jamaah selain saya Budi Nida, Chamuy, Rasyidi, Rizal, Bandi Puspa, Sariansyah, Bahrudin, H Imi, Amly, Rizal, Bahrudin, Lakum, dan dua orang tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Tadarus Qur’an di Langgar Al Kautsar, malam Jum’at, selesai hingga pukul 22.15 WITA. Membaca Juz ke 10. Dengan peserta dewasa selain saya ada Ipung dan Bandi Puspa. Yang anak-anak Rafi Ika, anak Iwa, anak Supi Miji, dan yang lainnya. Ada sumbangan Ipung berupa jus beragam jenis dibeli di tempat Amel Ahyar. Juz ke 10 lebih banyak QS At Taubah. Jadi yang saya tahu membaca tanpa diawali Basmalah, cukup membaca Ta’awuz saja.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar, malam Jum’at, Imam M Fauzi Rahman dari Bakarung. Dengan pembaca Shalawat dan Do’a ada Budi Nida, Lakum, Jani, Sariansyah, dan H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam Sekumpul, dan kopiah hitam III baru.  Sebelumnya saat shalat Isya posisi saya saat shalat Isya shaf kedua tengah. Samping kanan Kacit, dan samping kiri anak Ipah Lutfi.

>Kamis pagi hingga siang, di MTsN 3 HSS ramai dengan orang. Selain ada Tes Wawancara PPDB untuk calon siswa baru, juga siswa Kelas VIII dan IX tanda tangan bantuan PIP di ruang Tata Usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)