Selasa, 20 April 2021

Diary Hangkinang : SNN.19.04.2021

 Rabu, 21 April 2021

[SENIN, 19 APRIL 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Rizal, Lakum, Sariansyah, Yadi Yandi, Chamuy, Rasyidi, Budi Nida, Bandi Puspa, H Ardi, Bahrudin, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Gema Al Qur’an Ramadhan (GAR) ke 24 Tahun 1442 H / 2021 M di Radio Gema Amandit Kandangan, pada hari Ahad (18/04/2021) pukul 10.00-11.00 WITA, Kecamatan Angkinang yang jadi penampilnya. Sementara untuk hari Senin (19/04/2021) Kecamatan Padang Batung. Kegiatan ini kerjasama DPD BKPRMI HSS, LPTQ HSS, Pemkab HSS, TP PKK HSS, dan Radio Gema Amandit Kandangan. Untuk tahun ini ada Lomba Tilawah, Tartil, Azan, dan Ceramah Agama. Lomba Ceramah Agama terkhusus untuk Ustadz/Ustadzah, sementara yang lainnya untuk santri TP/TP/TQA di Kabupaten HSS.

>Senin pagi, ke kios Agustin Istiqomah Bakarung, dilayani ibunya. Saya membeli air mineral segar, bensin, dan BR hayam 2 kg.

>Senin (19/04/2021) hari pertama Tes Wawancara PPDB MTsN 3 HSS Tahun Pelajaran 2021/2022. Diikuti sekitar 27 peserta. Mereka hadir sekitar pukul 09.00 WITA untuk mengikuti wawancara tersebut. Diadakan di ruang Kelas VII MTsN 3 HSS. Materi wawancara seputar kemampuan Baca tulis Al Qur’an, Praktek Ibadah, dan Akhlakul Karimah. Tes Wawancara akan berlangsung setiap hari hingga Sabtu (24/04/2021) nanti.

>Cerita Rakyat Kalimantan Selatan, Legenda Telaga Alam Banyu Batuah ditulis oleh Hestiyana. Merupakan bacaan anak setingkat SD Kelas IV, VI, dan VI. Ada sembilan judul cerita pada buku tersebut.

>Pamanas nasi yang ada di rumah saya, malam Selasa, rusak karena tak dicabut kakasaknya. Lampunya mati, sehingga tak bisa difungsikan lagi.

>Pulang Tadarus Qur’an, malam Selasa, ke tempat Umanya Amel Ahyar. Beli bakso dan jus limau. Dilayani Bini Awi.

>Satu ekor anak kucing yang saya pelihara mati, malam Selasa. Langsung saya kubur di belakang rumah malam itu juga. Di dalam kurungan anak kucing itu sudah basamut. Jadi tinggal seekor lagi anak kucing peliharaan yang ditinggalkan pergi induknya itu.

>Tadarus Quran, malam Selasa, di Langgar Al Kautsar, membaca Juz ke 7. Peserta selain saya ada Lakum, Budi Nida, Bandi Puspa, Ipung, dan empat bocah, yakni Rafi Ika, Anak Rina, dan dua lainnya saya tak tahu namanya. Ada sajian lamang bacacap sambal kacang, dan hintalu jaruk persembahan Hj Asa. Juga teh manis. Selesai Tadarus sekitar pukul 22.30 WITA.

>Shalat Tarawih, malam Selasa, di Langgar Al Kautsar, Imam H Mastur. Pembaca Shalawat dan Doa ada Budi Nida, Kaspul Madah, Sariansyah, Lakum, dan Ashar Sony. Posisi saya saat shalat Tarawih shaf depan kanan. Samping kanan Iyun Madiuni, dan samping kiri Ipung. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Sebelumnya shalat Isya Imam H Mastur, posisi saya shaf depan  kanan. Samping kanan dinding Langgar, dan samping kiri Amud.

>Sajian berbuka puasa Ramadhan 1442 H hari ke 7, Senin, menuju malam Selasa, ada garih batanak, saluang bapais, gangan humbut, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)