Senin, 26 April 2021

Diary Hangkinang : JMT.23.04.2021

 Selasa, 27 April 2021

[JUM’AT, 23 APRIL 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Chamuy, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Chamuy, Lakum, Rasyidi, Bandi Puspa, Bahrudin, H Imi, Irul Imi, dan Kaspul Madah. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang dalam keadaan cerah.

>Tadarus Qur’an, malam Sabtu, membaca Juz ke 11. Selesai sekitar pukul 22.10 WITA. Saya baduaan dengan Rafi anak Ika Daud. Jadi saya yang merapikan yang ada di Langgar Al Kautsar. Seperti mematikan lampu, kipas angin, mikrofon, dan mengunci pintu Langgar. Sebelumnya di awal yang ikut Tadarus selain saya ada Ipung, Budi  Nida, Yus’an, dan Agil. Juga beberapa anak-anak. Masing-masing membaca selembar. Kata Budi Nida biar cepat selesainya. Namun inilah dampaknya peserta tunggal ikungan bulikan. Tinggal saya dan Rafi Ika saja di Langgar Al Kautsar hingga jelang selesai membaca Juz ke 11.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam Yus’an. Pembaca Shalawat dan Do’a ada Budi Nida, Lakum, dan Sariansyah, dan Kaspul Madah. Posisi saya saat shalat Tarawih shaf depan kanan. Samping kanan Irul Imi, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Sebelumnya saat shalat Isya, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Irul Imi.

>Sore Jum’at jelang malam Sabtu, saruan mahaul keluarga Lakum. Ada ibunya (almarhumah) Muksinah binti Sijan, dan ayahnya (almarhum) Yuseran bin Muhammad. Saat berangkat dari rumah berjalan kaki, sekitar pukul 17.30 WITA. Singgah di rumah keluarga Bapak Kamsyah (alm), duduk menunggu undangan lain hadir. Di palatar rumah Bapak Kamsyah ada Mumuh. Abau berbincang dengan Umanya Hasiati. Saya sempat menyalami Burhan / Cikbur. Tak lama undangan datangan, saya masuk ke dalam rumah. Posisi saya, samping kanan Rizal, dan samping kiri Imun Itab. Pemimpin pembacaan Surah Yasin dan Tahlil Imun Itab, dan Do’a Haul H Mastur. Ada banyak menu yang disajikan tuan rumah kepada undangan yang hadir. Ada ayam masak habang, sop, nasi putih, agar-agar, semangka baracak, es buah, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)