Senin, 26 April 2021

Diary Hangkinang : AHD.25.04.2021

 Selasa, 27 April 2021

[AHAD, 25 APRIL 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan  Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri Parlin Tatam. Pakaian yang kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bandi Puspa, H Imi, Parlin Tatam, Rasyidi, Sariansyah, Rizal, Chamuy, Budi Nida, H Ardi, dan Harmuni. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Ahad pagi, jual unggas ke pambalantikan yang lewat arah ke Kandangan. Ada tiga ekor japun, dan dua ekor ayam bangkok. Semuanya Rp 185.000. Sisa unggas yang saya pelihara, 10 ekor anak japun, dan seekor anak ayam bangkok.

>Usai shalat Tarawih, malan Senin, saya ke tempat Bini Ahyar. Beli jus jeruk peras, dan bakso. Menunggu dibuatkan, yang dilayani Bini Awi, saya ke tempat Umanya Ahyar. Beli mie instan, air mineral botol, sabun mandi, dan korek telinga. Saat beranjak pulang, diberi Umanya Ahyar bingka kantang.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar, Imam Ustadz Sairazi. Shalawat dan Do’a Jani, Lakum, Sariansyah, Budi Nida, dan H Mastur. Posisi saya saat Tarawih shaf pertama kanan. Samping kanan Kacit, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Sebelumnya untuk shalat Isya dipimpin Imam Ustadz Sairazi. Posisi saya saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan dan kiri bocah tak tahu namanya. Usai shalat Isya Kultum bersama Ustadz Sairazi.

>Proses awal sistem pertanian tradisional di Hangkinang. Membersihkan lahan untuk manaradak. Kemudian di pahumaan dilanjutkan dengan manabas, bapuntal, babalik, maampar, dan bawiwih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)