Rabu, 14 April 2021

Diary Hangkinang : JMT.09.04.2021

 Kamis, 15 April 2021

 [JUM’AT, 9 APRIL 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Yus’an, dan Muazin Bahrudin / Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, H Imi, dan Yadi Yanti. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.

>Ke Pasar Bagambir, Jum’at pagi. Bagunting, dengan putungan bagundul nomor 2. Sebelumnya melihat orang berjualan unggas. Ada orang berjualan belibis anak. Saya dulu ingin sekali beli belibis, tapi sekarang setelah ada belibisnya malah ranai. Entahlah nanti. Juga ada orang berjualan kalkun.

>Sepulang dari Pasar Bagambir, Jum’at pagi, sekitar pukul 08.30 WITA, di Lukdalam banyak mobil dan sepeda motor alami kemacetan. Baik arah Kandangan menuju Barabai atau sebaliknya. Ternyata ada kecelakaan lalulintas. Saya tak bertanya kepada orang lebih jelas tentang peristiwa itu, hanya melihat sepintas saja. Di mana di jalan sisi kanan, arah Barabai – Kandangan, tergeletak seorang perempuan tua. Banyak darah. Ada yang menyiram dengan air. Kemungkinan ia sudah meninggal dunia. Tak tahu apa penyebab kecelakan itu, apakah antar sepeda motor atau mobil, dan darimana asal korban. Tak lama datang mobil ambulans BPK Hipta membawa korban ke rumah sakit.

>Jum’at pagi sawat, ke madrasah ambil speaker aktiv. Sempat ikut membantu mendirikan tenda tambahan, untuk pangantinan Rudi Lalang. Kebanyakan yang membantu anggota keluarga Saidi.

>Babacaan Syaban 1442 H, Jum’at siang menjelang sore, merupakan minggu terakhir. Dengan penceramah Ustadz Suksis Al Ma’bud, pembaca Kalam Ilahi anak muda yang saya tak tahu namanya. Tema ceramah seputar persiapan menghadapi bulan Ramadhan 1442 H. Seperti delapan hal yang menyebabkan puasa seseorang batal. Untuk penjamu undangan Babacaan adalah Hj Asa. Ada pembacaan Surah Yasin, Do’a Haul dan Do’a Selamat. Menu berupa hayam kampung masak lamak. Ditemani teh manis dan agar-agar. Posisi saya saat aruh di rumah Hj Asa samping kanan H Imi, dan samping kiri Rasyidi. Sementara saat Babacaan posisi saya samping kanan Irul Imi, dan samping kiri Bahrudin. Sedangkan untuk shalat Ashar berjamaah setelah Babacaan Sya’ban 1442 H, Imam Ustadz Suksis Al Ma’bud, Muazin pembaca Kalam Ilahi. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Amat Tali, dan samping kiri Laki Ani Mudah. Untuk seluruh kegiatan, saya memakai baju muslim lengan pendek warna abu-abu hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru.

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Jum’at, Khatib / Imam Saiful Kamrani, dan Bilal Kaum Masjid. Tema khotbah tentang keutamaan bulan suci Ramadhan. Sebelum masuk masjid saya sempat bersalaman dengan teman akrab waktu tsanawiyah,  Bastani. Ia mengaku selalu shalat Jum’at di Angkinang. Walau katanya dekat ke Bamban atau Pakuan, tapi ia lebih memilih di Angkinang, karena suasana dingin, jadi membuat nyaman dalam beribadah. Posisi saya saat shalat shaf belakang dalam kanan. Sebelum selesai khotbah, samping kanan Amat Tali, dan samping kiri urang Lukdalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)