Selasa, 29 Maret 2016

Panen Padi Perdana

Rabu, 30 Maret 2016




Minggu (27/03/2016) pagi saya pergi ke sawah yang ada di belakang rumah. Jaraknya sekitar 200 meter dari rumah saya. Saya berjalan kaki ke sana dengan berpakaian tilasan ka pahumaan. Bertopi dan membawa harit.

Di sawah sudah ada ibu saya. Kami memanen padi yang perdana. Mungkin untuk di areal persawahan sekitar sawah kami, juga yang pertama. Dengan mengucap Basmalah padi kami panen dengan harit. Saya menyabit tiap tangkai padi setelah itu diletakan pada bagian atas tangkai.

Nanti kalau sudah selesai semuanya, padi itu akan diangkut untuk dikumpulkan lalu di rontok menggunakan mesin, tentu dengan biaya. Ada sekitar beberapa jam saya memanen padi. Karena dekat dengan rumah, saya sempat pulang ke rumah, istirahat minum air putih.

Setelah itu kembali ke sawah. Panen dilanjutkan. Karena masih banyak yang muda, padinya tidak semua dipanen, menunggu matang. Sekitar pukul 11.00 WITA saya pulang. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...