Senin, 28 Maret 2016

Leonardo DiCaprio Kunjungi Taman Nasional Gunung Leuser

Selasa, 29 Maret 2016


Anak-anak mengerumuni helikopter yang membawa rombongan Leonardo DiCaprio


Leonardo DiCaprio, aktor dunia yang terkenal sebagai tokoh Jack Dawson pada film Titanic (1997) menginjakkan kaki di Taman Nasional Gunung Leuser, Minggu (27/03/2016).

Dalam kunjungannya, Leo dan rekan aktor lainnya, Adrien Brody (pemeran Jack Driscoll dalam film Kingkong) dan Fisher Stevens beserta kru menyaksikan secara langsung keanekaragaman hayati di Stasiun Penelitian Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara. 

Peraih Oscar pada Academy Awards ke-88 ini beruntung bisa bertemu dengan 3 orangutan Sumatera (Pongo abelii) dewasa di lokasi yang tidak jauh dari camp penelitian. Leo sangat terpukau melihat keindahan hutan Taman Nasional Gunung Leuser di SP Ketambe.

Dan mendengar suara rangkong serta spesies burung lainnya. Selama hampir dua jam ia habiskan untuk menyaksikan perilaku orangutan Sumatera (Pongo abelii), satwa liar yang  97% genetikanya mirip dengan manusia.

“Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengkampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini,” ujar Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul.

“Yang penting siapapun yang masuk kawasan konservasi tetap mengikuti prosedur dengan mengurus perijinan sesuai peraturan yang berlaku,” lanjutnya.

Leonardo DiCaprio merupakan aktor sekaligus aktivis lingkungan yang gencar mengkampanyekan perubahan iklim. Melalui Leonardo DiCaprio Foundation, ia aktif mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia. Di Indonesia, yayasan ini membantu konservasi di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan hutan Aceh.

Indonesia menjadi lokasi penting bagi mereka karena memiliki keanekaragamanhayati yang sangat tinggi. Tak heran jika kebakaran hutan yang menghabiskan sekitar dua juta hektar lahan tahun lalu membuat ia dan dunia tersentak.

Kedatangan pemeran Hugh Glass dalam film The Revenant ini disambut antusias warga setempat. Helikopter yang membawa Leo dan tim mendarat di lapangan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ketambe.

Leo yang berkunjung ke Indonesia untuk melihat kemajuan program di Aceh Timur sebelumnya tidak punya rencana untuk datang ke Aceh Tenggara, namun ia ingin melihat Stasiun Penelitian Orangutan Sumatera tertua dan melihat orangutan Sumatera secara langsung di habitatnya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser.

Semoga kepedulian masyarakat dunia akan konservasi Taman Nasional Gunung Leuser juga menular menjadi kepedulian dan kebanggaan bagi masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Leuser dan Indonesia seluruhnya, untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dengan konservasi.***

Sumber : www.gunungleuser.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...