Selasa, 19 Januari 2016

Siswa Peduli Dengan Keberadaan Perpustakaan Madrasah

Rabu, 20 Januari 2016




Ada yang berbeda di Perpustakaan Darul Fikri Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang Jalan A Yani Km 7,5 Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Rabu (20/01/2016) pagi.

Suasana di dalam perpustakaan terlihat lebih ramai dari biasanya. Siswa MTsN Angkinang terlihat asyik membaca buku. Disudut lain ada siswa yang tengah merapikan buku ke tempat semula. Ada juga yang menyapu bagian lemari yang terlihat kotor.

Kepala Perpustakaan Darul Fikri MTsN Angkinang, Muhammad Jazuli, S.S menyampaikan ini merupakan hal baru dimana setiap kelas yang gurunya sedang tidak ada. “Mungkin ada kesibukan di luar madrasah, siswa wajib datang ke perpustakaan. Bisa menjalankan tugas pelajaran yang tengah mereka geluti. Juga bisa membantu petugas perpustakaan,” tutur Muhammad Jazuli.

Menurut Jazuli, begitu guru yang satu ini biasa disapa, para siswa yang tak  ada pelajaran atau saat jam istirahat turut membantu petugas perpustakaan. “Membenahi kondisi setelah ditinggalkan pengunjung. Biasanya dalam keadaan berantakan. Untuk itu siswa turut membantu merapikannya kembali seperti keadaan semula,” ujar Jazuli.

Ditambahkan Jazuli, dengan demikian siswa akan merasa memiliki dan muncul rasa cinta terhadap perpustakaan. “Adanya gerakan siswa peduli ini sangat bagus. Ini murni atas inisiatif beberapa siswa yang tergabung dalam Orgainisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan peduli dengan perpustakaan,” ujar Jazuli.

Ketua OSIM MTsN Angkinang, Fikri Ahwadjie mengatakan apa yang mereka lakukan akan terus berlanjut kedepannya. “Tidak hanya gerakan sesaat saja. Tapi akan berkelanjutan sampai kapanpun. Siswa termotivasi untuk memberikan yang terbaik demi keberlangsungan proses pendidikan di madrasah,” ujar Fikri Ahwadjie. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...