Kamis, 01 Oktober 2015

Akhirnya ke Banyu Landas Juga

Jum'at, 2 Oktober 2015





Rabu (30/09/2015) sekitar pukul 15.00 WITA saya bersama empat teman lainnya yakni Amud, Rizal, Sari, dan Novi jalan-jalan ke Banyu Landas, Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Menyaksikan dengan mata kepala sendiri daya tarik wisata baru berupa aliran sungai beberapa ratus meter yang di kiri kanannya banyak bebatuan. Menjadi tempat orang bersantai dan berhibur diri. Tempat ini sekarang sangat tren di kalangan warga Kabupaten HSS.

Setelah memarkir kendaraan di tempat yang sudah tersedia kami lalu berjalan kaki. Menyeberang jalan sekitar seratus meter. Saat kami berada disana tampak sudah banyak orang. Baik anak-anak, remaja, dewasa dan yang tua.

Ada sekitar tujuh buah warung minuman yang  berada disana. Juga ada jasa penyewaan ucus (ban dalam) bagi yang ingin berenang. Juga tempat ganti pakaian. Warga HSS memang butuh tempat seperti ini. Murah meriah dan mudah untuk dijangkau.

Karena sekarang sedang musim kemarau jadi air surut dan banyak batu menyembul. Entah nanti saat musim air dalam atau musim hujan, tempat ini mungkin untuk sementara tidak berfungsi lagi.

Kami menyaksikan aktivitas warga yang sedang malunta, atau mencari ikan dengan jaring. Juga dari arah hulu sungai melintas beberapa buah lanting paring yang dibawa warga menuju ke Kandangan. Warga atau pengunjung yang berada di tengah sungai harus menepi dulu untuk memberi jalan lanting paring lewat.

Hal lumrah yang perlu diperhatikan saat ada orang banyak adalah sampah makanan dan minuman ringan. Saya saksikan tak ada tempat sampah disana. Sampah hanya ditumpuk di tempat kosong lalu setelah banyak dibakar. Mudahan pihak pengelola, dalam hal ini warga setempat memperhatikan hal ini. Agar lokasi ini tetat terjaga dengan baik serta lestari.

Setelah hampir satu jam berada di Banyu Landas kami pulang kembali kerumah. Setelah mengambil kendaraan di tempat parkir kami menuju arah Kandangan terus balik ke Angkinang, tempat tinggal kami. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)