Selasa, 27 Oktober 2015

Menghadiri Penutupan Jamcab HSS Tahun 2015 di Tanuhi

Selasa, 27 Oktober 2015


Senin (26/10/2015) pukul 08.00 WITA kami menuju Tanuhi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Berjarak sekitar 30 kilometer dari Angkinang. Naik mobil Bapak Jazuli. Yang ikut ke Tanuhi selain saya ada Bapak H Saleh Suaidi, Ibu Atma, Ibu Sanah, dan dua mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum (DU) yang Praktek Mengajar B di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang.

Bapak Jazuli sebelumnya mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Gambah Luar lalu ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kandangan mengantar handphone isterinya yang tertinggal di rumah. Isteri Bapak Jazuli bekerja sebagai pendidik di SMKN 2 Kandangan.

Saat kami tiba di Tanuhi acara penutupan Jambore Cabang (Jamcab) Pramuka HSS Tahun 2015 hampir berakhir. Karena memang acaranya mulai pukul 08.00 WITA. Sementara kami tiba sekitar pukul 09.30 WITA. Tapi tak apa. Saya langsung menuju lapangan utama.

Mengabadikan setiap momen penting yang ada. Saya mencari anggota regu pramuka MTsN Angkinang. Ternyata ada dua buah piala yang direbut MTsN Angkinang pada Jamcab kali ini. Sementara untuk Juara Umum Jamcab HSS Tahun 2015 adalah MTs Al Azhar Kandangan. Perlu diketahui Jamcab HSS Tahun 2015 diikuti sekitar 40 SMP dan MTs se Kabupaten HSS.

Saya ikut membantu merobohkan tenda dan mengangkut barang-barang ke atas. Untuk kemudian nantinya dimasukkan ke dalam mobil pick up yang membawa ke Angkinang. Saat Dzuhur kami sudah berada di Padang Batung. Tak bisa berlama-lama di Tanuhi karena Bapak Jazuli mau memandikan dan menshalatkan orang meninggal dunia di Lukdalam, yakni Uncui yang telah berpulang ke Rahmatullah.

Ada kejadian mengesankan saat berangkat ke Tanuhi. Di tengah jalan yang banyak tanjakan Bapak Jazuli menggunakan gigi empat pada mobilnya. Jalan menurun sehingga mobil mau turun sendiri. Rasa was-was muncul pada semua penumpang termasuk saya. Namun syukurlah bisa diatasi.

Beberapa menit kami menunggu mobil pick up tiba. Karena barang-barang sudah siap dekat Kantor Desa Hulu Banyu. Pada Jum’at (23/10/2015) lalu berjanji setelah tengah hari minta diambili. Tapi karena pukul 10.00 WITA tenda sudah diroboh jadi lebih cepat. Namun untunglah sopir bisa dihubungi untuk lebih cepat. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...