Jumat, 30 Oktober 2015

Melintasi Kabut Asap Pekat di Hari Rabu

Jum'at, 30 Oktober 2015







Rabu (21/10/2015) pukul 09.00 WITA kabut asap pekat melanda Angkinang dan sekitarnya. Saya tertarik melakukan jalan-jalan ke beberapa desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Siswa di madrasah, tempat saya bekerja dipulangkan lebih awal. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Tak lupa bawa kamera. Pertama singgah di Jembatan Kembar Muara Tawia.

Banyak kendaraan menyalakan lampu depan, untuk memberi tanda kepada pengendara lainnya. Kabut berjarak hanya sekitar 50 meter saja. Setelah itu saya ke pusat kota Kandangan. Hal yang sama saya lakukan foto-foto arus lalulintas di tengah kabut asap yang menyelimuti. Kemudian saya menuju Telaga Sili-Sili. Bertemu dan berbincang dengan Norbek, mantan Kepala Desa Telaga Sili-Sili. Tak lama setelah itu saya terus ke Lokbinuang.

Singgah di warung Mamanya Helda, yang masih ada hubungan keluarga saya, yakni dari pihak ayah saya. Pesan teh es dan beberapa gorengan. Saat saya mau membayar dikatakan tidak usah. Cuma sekali-sekali saja, jadi gratis. Terus saya ke Gumbil, Longawang, Bamban, dan kembali ke madrasah. Kabut kali ini saya rasa paling parah dari sebelumnya.

Karena jarak pandang cukup dekat sekali. Langit terlihat menguning. Saat jalan-jalan bertemu dengan anak-anak desa adalah kebahagiaan luar biasa. Memotret mereka. Hal ini kerap saya lakukan bila saya melintasi desa-desa yang ada di Kabupaten HSS. Atau daerah lainnya di Kalimantan Selatan. Lalu hasil perjalanan berupa tulisan dan foto di posting ke blog pribadi.

Bersunyi diri adalah kesenangan luar biasa. Jalan mulus adalah kebahagiaan luar biasa bila dilewati. Saya ikut landung pulang ke rumah, karena rekan kerja ada tugas mendesak yang harus segera diselesaikan hari itu juga. Jadi rencana saya mau ke Barabai pada malam hari batal. Mungkin nanti ada waktu dan kesempatan lain. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)