Senin, 12 Agustus 2013

KTAH 12

SENIN, 12 AGUSTUS 2013






HANTU DI TEPI JALAN

            Ada melihat sesosok wanita. Melihat hewan sejenis hewan langka. Di rumbia berhantu. Orang halusnya banyak. Manyuar mendengar suara aneh. 200 meter. Tabrakan itu menyisakan masalah baru.

Kandangan, 2012





TERMENUNG DAN MERENUNG

Ketika cacing-cacing menggeliat dilantai ulin

kau pertontonkan kekayaan di depan mataku

akupun termenung dan merenung syahdu

apakah kecantikan dan kekayaan

identik dengan kesombongan

ah tak mungkin

buktinya kamu baik padaku



Kandangan, 7 Juni 2004





BIARKAN

Tinggalkan aku dan anakku disini suamiku

biarkan aku disini dalam kedinginan malam

kan kucoba menikmati kehangatan seorang diri

ucapnya pasti



Kandangan, Juli 2002





APAKAH INI

Menantikan kedatanganmu adalah kebosanan

ingin rasanya aku cepat melihatmu

tak ada kesabaran

hanya ketergesak-gesakan



Kandangan, 23 April 2004





INTAN JAYA

            Saya menyaksikan acara Jejak Petualang di Trans 7. Tentang Intan Jaya di Papua. Ada kepala adat suka beristeri puluhan orang. Hidup rukun. Host berinteraksi dengan warga. Pembuatan kerajinan khas dan kayu. Harganya mahal. Lalu pergi ke kebun memetik ubi jalar dan labu. Host sering nyebut wanita setempat dengan mama.***

Kandangan, 30-08-2012





IDENESIA

            Bintang tamu kali ini adalah Alberthene Endah, Djenar Maesa Ayu, dan Asma Nadia. Saya menyaksikan acara Idenesia di Metro TV. Tema Pena Cinta. Game menulis dari hasil denting piano sang host.***

Kandangan, 01-09-2012





TVRI KALSEL

            Saya baca di Banjarmasin Post, TVRI Kalsel siarannya pukul 15.00-21.00 WITA. Diusianya ke 50 TVRI makin berkualitas siarannya. Entah kapan saya dapat kembali menikmati siaran TVRI Kalsel. Saya rindu siaran banua. Dengan berita Kalsel. Senang dengan budaya Banjar. Sekarang saya terhipnotis teve kabel. Jadi melulu siaran teve swasta nasional dan asing.***

Kandangan, 25-08-2012



BUAYA LEPAS

            Saya mendengar kabar. Buaya piaraan milik Hj Nana di Banua Hanyar, Jambu lepas beberapa hari lalu ke sungai Amandit. Akibatnya warga yang berada dibantaran sungai resah. Koran pun ramai memberitakan kejadian ini.***

Kandangan, 18-09-2012





EKSOTISME WAEREBO

            Kondisinya cukup eksotis. Waerebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Nuansa alam pegunungan. Tercipta banyak mimpi disini. Tim Trans 7 disambut upacara kecil dirumah adat. Profesi petani kopi dan jeruk. Jeruk dijual seharga Rp.2000/buah. Bisa menjual 50-100 butir. Sambil menikmati kopi.

Kandangan, 2012





RAZIA

            Aparat ternyata cari duit dengan alasan razia. Mencari keuntungan diatas penderitaan. Dengan dalih melakukan pelanggaran diberi hukuman mengganti dengan uang. Yang untung aparat. Masuk kantong sendiri. Sudah bukan rahasia lagi. Sebagaimana dialami seorang warga yang dirazia polisi pas membawa senjata tajam. Padahal itu untuk alat ke ladang. Terpaksa membayar uang Rp.1 juta. Semula polisi menginginkan Rp2 juta. Tapi yang ada hanya Rp1 juta.***

Kandangan, 28-03-2012





CINTA

            Sebagai bentuk rasa cinta saya terhadap Tabloid Urbana. Saya memfoto orang-orang yang sedang membaca Urbana. Juga mengirim ungkapan hati, puisi, dsb sebagai rasa cinta terhadap Urbana. Saya kirim ke ownernya (via e-mail) Budi Kurniawan. Nempel stiker Urbana di kawasan Air Terjun Haratai, Kilat Api, Riam Barajang, Riam Hanai, Tugu Niih, dsb.

Kandangan, 2012





TAKUT

            Kenapa kita mesti takut kalau benar. Sungkan. Merasa tidak nyaman. Karena ia keluarga atasan kita. Menyulitkan dalam berurusan nantinya.

Kandangan, 2012



KEBAKARAN

            Saya menerima kabar ada musibah kebakaran di Sungai Kupang Palas beberapa hari lalu. Dua buah rumah hangus terbakar. Namun yang memilukan  bayi laki-laki berusia 2 tahun jadi korban. Akibat terkunci dikamar. Ia tewas terbakar. Menurut kabar, sang ibu sebelum musibah meninggalkan anaknya sendiri dirumah dengan dikunci. Karena saat kebakaran terjadi anaknya tak bisa diselamatkan.***

Kandangan, 2012





CUCI MATA

            Saya paling senang cuci muka. Lihat pemandangan alam pedesaan di Hulu Sungai Selatan. Ada orang beraktivitas disawah. Sapi makan rumput. Segar dan teduh. Warung nuansa pedesaan. Duduk bacungkung.***

Kandangan, 30-01-2012

1 komentar:

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...