Jumat, 25 November 2016

Lomba Unik di Persilada III MTs HSS Tahun 2016

Sabtu, 26 November 2016





Walau Perkemahan Silaturrahmi Daerah (Persilada) III Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahun 2016 se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah usai, namun masih menyisakan kenangan yang cukup berkesan.

Ada lomba unik yang digelar selama kegiatan Persilada yang berlangsung di Bumi Perkemahan (Buper) Karamaan, Desa Kaliring Dalam, Kecamatan Padang Batung, lomba itu adalah Manurih Gatah atau Menyadap Karet.

Sebelumnya lomba tak masuk agenda panitia, namun saat pembukaan Persilada III Bupati HSS H Achmad Fikry menantang panitia untuk menggelarnya, dengan menyiapkan hadiah lomba tersebut.

Panitia disuruh datang ke rumah untuk mengambil hadiahnya. Walau terkesan dadakan, tapi antusias peserta untuk ikut mewakili Gugus Depan masing-masing cukup tinggi. Lomba Manurih Gatah digelar hari Minggu (13/11/2016).

Satu Gugus Depan mengirim satu putera dan satu puteri pada lomba tersebut. Juri yang dilibatkan berasal dari warga sekitar yang juga panurihan. Ada dua juri laki-laki yang menilai peserta. Satu untuk juri putera satu untuk juri puteri.

Lomba berlangsung cukup seru. Rata-rata peserta jarang bahkan tak pernah sekalipun manurih gatah. Memegang pisau turihannya saja tak pernah. Namun lomba berlangsung lancar hingga selesai.

Hasilnya peserta dari MTs yang dari daerah pegunungan memenangkan lomba tersebut. Lomba ini diharapkan pada Persilada mendatang kembali bisa digelar. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...