Rabu, 30 November 2016

Batu Baduduk Gumbil

Rabu, 30 November 2016




Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki banyak tempat wisata menarik yang perlu dikunjungi. Sejak dari wisata alam, budaya, sejarah dan religi. Salah satunya adalah Batu Baduduk di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

Tempat wisata baru yang saat ini sedang tren di kalangan anak muda HSS itu, berjarak sekitar 15 kilometer dari Kandangan, ibukota Kabupaten HSS. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor roda dua melalui Pasar Angkinang dan Telaga Langsat.

“Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam berupa bukit hijau yang cukup indah. Disana terdapat sebuah batu besar, seperti orang sedang duduk, jadi warga setempat menyebutnya Batu Baduduk,” ungkap Mahmudin dari Paparudus Adventure Kandangan, saat ditemui Rabu (30/11/2016).

Menurut Mahmudin tempat itu kerap didatangi wisatawan lokal setiap hari libur, terutama anak muda yang haus akan tempat baru yang menantang untuk ditaklukkan.

Dijelaskan Mahmudin, setelah memarkir kendaraan di tempat parkir yang dikelola warga setempat, pengunjung harus berjalan kaki dengan medan menanjak untuk sampai di bagian pertama.

“Disini ada gubuk untuk berteduh dan beristirahat setelah melakukan perjalanan melelahkan dari bawah,” ujarnya.

Mahmudin menambahkan, setelah itu pengunjung bisa kembali naik ke tempat utama, berjarak sekitar 500 meter, dimana batu besar menancap megah di atas bukit itu.

“Dari atas bukit inilah rasa lelah pengunjung terbayarkan dengan menyaksikan pemandangan hutan yang hijau, persawahan serta pemukiman penduduk,” pungkasnya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...