Senin, 03 November 2014

MTsN Angkinang Tampilkan Kolak Biji Salak

Senin, 3 November 2014





            Mendengar nama kolak biji salak tentu kita akan merasa penasaran dan bingung. Kalau biasanya kolak terbuat dari pisang. Tapi ini bukan biji salak yang sebenarnya. Hanya istilah saja karena cara membuatnya dikepal seperti biji salak. Masakan manis ini berbahan baku ubi nagara.

            Kolak biji salak ditampilkan Regu Pramuka Puteri Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Lomba Keterampilan Memasak dalam rangka Perkemahan Silaturrahmi Daerah (Persilada) II MTs se Kabupaten HSS di Buper Sumaragi, Hamak Timur, Kecamatan Telaga Langsat, 31 Oktober s.d 2 November 2014. Tiga siswi MTsN Angkinang Syifa Annisa (Kelas VIII B), Dina Puteri Kamarona (Kelas VIII C), dan Laila Munirah (Kelas VIII C) menjadi juru masaknya.

            Menurut Atma Fathana, S.Th.I, guru MTsN Angkinang yang menjadi pembimbing ketiga siswi tersebut, kolak biji salak menjadi pilihan untuk ditampilkan agar lebih variatif. “Sekaligus mengenalkan masakan khas yang bisa dikenal dan diketahui khalayak ramai,” ujar Atma Fathana.

            Kolak biji salak, dijelaskan Atma Fathana, berbahan ubi nagara, gula merah, kelapa, tepung ketan, telor, vanili, dan garam. “ Cara membuatnya ubi nagara dikukus sampai empuk, lalu dihaluskan sambil seratnya dibuang. Campur tepung ketan lalu aduk sampai rata. Dikepal seperti biji salak. Sambil mengepal rebus santan gula merah dan bahan lainnya. Setelah mendidih masukkan bahan sampai habis dan tunggu sampai masak. Kolak biji salak siap disajikan,” jelas Atma Fathana.

            Syifa Annisa, mengaku saat tampil mengikuti lomba memasak sempat agak grogi juga. “ Karena pesertanya cukup banyak. Dengan dewan juri cukup berkompeten dibidangnya. Tetapi kami bisa mengerjakannya sesuai durasi waktu yang ditentukan. Sebelumnya sudah mendapat bimbingan di madrasah sebelum mengikuti Persilada II,” ujar Syifa Annisa. (akhmad husaini)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)