Kamis, 26 November 2015

Peluncuran Buku Sastrawan HSS

Jum'at, 27 November 2015




Kalau tak ada aral, Jum'at (27/11/2015) malam di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan digelar kegiatan peluncuran buku karya sastrawan HSS. Ada dua buah buku yang nantinya akan diluncurkan yakni buku Kumpulan Puisi dan buku Kumpulan Cerpen Banjar. 

Acara diformat dalam bentuk Ramah Tamah Bupati HSS dengan Sastrawan Kalsel. Dalam hal ini panitia dari Dewan Kesenian (DK) HSS mengundang sastrawan di Kalsel. Setiap kabupaten/kota dimintakan mengirim sastrawannya maksimal sepuluh orang. Berarti kalau hadir semua akan berkumpul di Kandangan sebanyak 130 sastrawan, karena di Kalsel ada 13 kabupaten/kota. 

Para sastrawan dari luar Kabupaten HSS akan diinapkan di Hotel Rakat Mupakat, Pasar Los Batu Kandangan. Peserta akan mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan panitia. Usai shalat Maghrib diadakan makan malam bersama di ruang dua Pendopo HSS. 

Lalu ramah tamah sastrawan dengan Bupati HSS, H Achmad Fikry. Disana nanti ada sambutan-sambutan serta penampilan seni dan sastra. Lalu pukul 21.00 WITA peserta akan berjalan kaki menuju Open Stage D Zauhidie Kandangan, yang berjarak sekitar 200 meter dari Pendopo HSS. Di tempat ini akan ada acara baca puisi baik para pejabat  dan sastrawan di HSS. Juga oleh para sastrawan Kalsel yang hadir. Waktu tidak terbatas. Kemungkinan dinihari akan selesai.  

Suasana tentu akan ramai karena kebetulan di area Open Stage D Zauhidie Kandangan sedang berlangsung kegiatan Kandangan Expo 2015, yang merupakan rangkaian acara memeriahkan Hari Jadi Kabupaten HSS ke 65.

Usai acara di Open Stage D Zauhidie, para sasatrawan Kalsel kembali ke penginapan yang sudah disediakan panitia. Besok harinya, Sabtu (28/11/2015)  mereka akan kembali ke daerah maisng-masing. Dengan membawa kenang-kenangan yang tak akan terlupakan. Kandangan akan terus mereka kenang. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)