Senin, 30 November 2015

MTsN Angkinang Padukan Empat Kesenian

Selasa, 1 Desember 2015




Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke 65, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) HSS menggelar Pawai Budaya se Kabupaten HSS Tahun 2015, Senin (30/11/2015) pukul 15.30 WITA.

Menampilkan parade seni dan budaya daerah perwakilan sekolah dan grup kesenian yang ada di Kabupaten HSS. Mengambil start dan finish di depan Pendopo Kabupaten HSS Jalan A Yani Kandangan.

Jauharatunnisa, S.Pd, pendamping peserta yang juga Pembina Seni Budaya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, menyampaikan madrasahnya merupakan salah satu peserta dalam Pawai Budaya HSS ini. “Dengan mengirim sebanyak 20 siawa. Membawakan empat paduan kesenian yang berkembang di Kabupaten HSS selama ini. Ada Tari Kuda Gepang, Musik Panting, Kuntau, dan Rebana. Mereka tampil pada urutan kelima,” ungkap Jauharatunnisa.

Guru BK ini mengatakan, MTsN Angkinang tampil dengan cukup bagus. “Mereka tampil dihadapan Bupati HSS, Ketua DPRD HSS, Wabup HSS, Kepala Kantor Kemenag HSS,  unsur Muspida HSS, dan undangan lainnya. Juga masyarakat HSS yang menyaksikan gelaran tersebut di sepanjang Jalan A Yani Kandangan,” ujar Jauharatunnisa.

Menurut Jauharatunnisa, penampilan anak didiknya dalam ajang ini cukup menarik perhatian warga HSS yang turut menyaksikan. “Alhamdulillah kami bisa tampil sesuai dengan yang diharapkan. Walau diakui ada kekurangan disana-sini. Tapi semuanya bisa tertutupi dengan kemampuan siswa yang lain. Ini untuk pertama kali ikut kegiatan yang kali kedua digelar Disbudpar HSS dalam rangka memeriahkan Hari Jadi HSS ke 65,” tutur Jauharatunnisa.

Norpujati Syawaluna Syifa, siswi Kelas VII D MTsN Angkinang yang menjadi anggota Pawai Budaya, diakuinya ini merupakan penampilan pertama dirinya ikut kegiatan tingkat Kabupaten HSS. “Saya membawakan Tari Kuda Gepang. Lewat latihan yang saya ikuti beberapa kali kami bisa memahami kemampuan untuk tampil di depan umum melalui penampilan seni budaya HSS,” ujar Norpujati Syawaluna Syifa.

Kepala MTsN Angkinang, Gazali, S.Ag, M.Pd.I cukup merespon baik atas penampilan madrasahnya pada Pawai Budaya HSS Tahun 2015. “Kami ingin mengupayakan kesenian dan budaya HSS kian berkembang maju. Siswa MTsN Angkinang turut intens dengan seni budaya yang diikuti setiap ekstra kurikuler di madrasah. Dengan hal ini siswa diharapkan muncul kepedulian untuk terus melestarikan seni budaya yang ada,” ujar Kamad Gazali. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...