Sabtu, 28 November 2015

Jatuh Dalam Bahasa banjar

Minggu, 29 November 2015


Kalimantan Selatan memiliki banyak kekayaan khazanah baik seni, budaya, dsb. Termasuk di dalamnya mengenai bahasa. Bahasa yang berkembang dan dominan di Kalsel adalah Bahasa Banjar. Bahasa Banjar memiliki kosakata yang beragam.

Salah satunya adalah kata Jatuh dalam Bahasa Indonesia, yang dalam Bahasa Banjar ada bermacam-macam padanan katanya. Berikut yang saya ketahui sepanjang pengalaman yang saya jalani selama ini.

Tajungkang yang berarti Jatuh ke belakang. Malacung  artinya jatuh dari atas. Tasarudup berarti jatuh ke depan. Tasumbalit berarti jatuh terlempar. Kemudian Tajarungkup yang berarti jatuh karena tersandung.

Lalu Tadangsar yang berarti jatuh terus meluncur. Tatiharap, jatuh terlentang. Takipai, jatuh ditiup angin. Tatilambung, jatuh karena ditendang. Takudadar, jatuh terseret. Tajuramba, jatuh tertiarap. Tapulanting, jatuhnya jauh sekali. Tagaling, jatuh dari kendaraan. Tacalubuk, jatuh ke lumpur. Tacabur, jatuh ke air. Taguliling, jatuh berputar-putar.

Demikian catatan singkat saya tentang kata Jatuh yang dalam Bahasa Banjar mempunyai padanan kata yang beragam. Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)