Rabu, 04 Maret 2015

Lagu Banjar Tetap Eksis

Rabu, 4 Maret 2015


            Saban hari di teve kabel yang saya saksikan disuguhi lagu-lagu Banjar. Baik  itu bergenre pop maupun dangdut. Video klip itu merupakan produk lama, sekitar tahun 2008-an. Ini terlihat dari kualitas gambar yang sudah mulai tidak jelas alias kabur.

Walau begitu tetap saya ikuti. Namun sangat disayangkan ada sebagian penampilan artisnya yang tidak sesuai dengan kondisi lagu yang dibawakan. Sang artis berpakaian terbuka dan terlihat seronok. Hal ini sangat disayangkan.

Lagu itu merupakan produk dari Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Karena setiap hari disaksikan saya sudah tidak asing lagi dengan nama penyanyinya  seperti Aam Danau, Kai Jujuriring, Helma KDI, Cacan, Aderina, dsb. Juga lagu-lagu Banjar seperti Iwak Samata, Kucing Marau, Maikat Janji, Candi Agung, Madihin Pangantinan, dsb.

Mudahan pihak teve kabel yang tidak saya ketahui dimana lokasi studionya itu bisa menampilkan video klip lagu-lagu Banjar yang terbaru dan isinya mendidik serta berkualitas. Walau tinggal di tanah Banjar adanya tayangan teve kabel tersebut bisa sebagai penawar dahaga akan kecintaan terhadap kesenian Banjar. Semoga tetap eksis dan lestari. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...