Selasa, 31 Maret 2015

Gelorakan Kuntau di MTsN Angkinang

Rabu, 1 April 2015




            Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tampak antusias mengikuti ekstra kurikuler (ekskul) kuntau pada Selasa (31/03/2015) sore. Kuntau merupakan seni beladiri tradisional Banjar yang menjadi ekskul baru di MTsN Angkinang. Para siswa berlatih dengan jurus dan teknik beladiri yang diberikan pelatih.
Adapun yang menjadi pelatih adalah dari MTsN Angkinang sendiri, Muhammad Fauzan Nafarin, siswa Kelas IX B. Ia di kampungnya memang terkenal jago kuntau. Karena saya selalu rutin ikut latihan bersama dengan beberapa kelompok kuntau ternama di Kabupaten HSS. Ekskul ini ternyata peminatnya cukup banyak. Saya sampai kewalahan melatih. Sejak dari Kelas VII, VIII, dan IX, “ tutur Muhammad Fauzan Nafarin.
Menurut Fauzan, begitu sapaan akrabnya, tingginya minat siswa ikut ekskul kuntau adalah sebuah kebanggaan. “ Ini upaya dalam rangka melestarikan khazanah budaya Banjar. Mudahan mereka bisa serius mengikutinya dan mampu menjadi pendekar yang berakhlak mulia, “ ujarnya.
Salsabila Febrina, siswi Kelas VII D mengaku keikutsertaan pada ekskul kuntau ini atas kemauan sendiri. “ Jadi saya bisa mengikutinya dengan sebaik mungkin. Selain dalam rangka turut melestarikan seni beladiri ini, “ ujar Salsabila Febrina.
Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan MTsN Angkinang, H Saleh Suaidi, mengatakan beragamnya ekskul di MTsN Angkinang sebagai upaya menyalurkan kegiatan  positif siswa. “ Agar mereka jauh dari hal-hal yang negatif. Semoga bisa melatih siswa dalam kemandirian dan kemampuan melahirkan banyak prestasi, “ katanya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...