Senin, 23 Maret 2015

Dulu, Saya Pernah ke Kabupaten Paser

Senin, 23 Maret 2015


            Daerah mana yang paling jauh pernah saya kunjungi ? Hanya di Kalimantan saja. Tahun 2001 silam yakni ke Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Dalam rangka ikut tetangga kampung yang berjualan  disana. Dengan mobil menuju pasar-pasar yang ada di daerah tersebut. Waktu itu Kabupaten Paser belum dimekarkan seperti sekarang. Yang menjadi dua kabupaten selain Kabupaten Paser juga ada Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU).

Jarak pastinya saya kurang tahu dari tempat saya tinggal di Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan. Mungkin lebih dari 200 kilometer. Dari tempat tinggal saya dan H Hamdan, begitu nama tetangga saya itu, kami berangkat usai shalat Subuh. Kami lewat Barabai, Paringin, Tanjung, hingga perbatasan Kalsel-Kaltim.

Sempat singgah di perbatasan karena ada pasar tradisional untuk sarapan. Mencari warung. Memesan teh manis. Ada guguduh kami nikmati saja. Di tengah hiruk-pikuk pasar tersebut. Yang entah apa nama daerah yang kami singgahi tersebut. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan.

Seingat saya nama-nama daerah yang ada di Kabupaten Paser yakni Babulu, Tanah Grogot, Panajam, dsb. Usai berjualan kami menginap di penginapan sederhana, rumah keluarga, dan asrama Ponpes.

Yang dijual  oleh H Hamdan berupa kipas angin, dispenser dan peralatan rumah tangga lainnya. Selain mengejar pasar mingguan kami juga ke perkampungan yang ada di Kabupaten Paser. Kebanyakan warga yang kami datangi bersuku Jawa. Interaksi jadi kurang klop dengan saya.

Namun semua harus dijalani. Sebagai sarana menambah wawasan dan pengalaman. Agar tidak picik pandangan. Apalagi saya tak pernah kemana-mana. Jadi inilah saatnya memanfaatkannya. Biasanya bila dagangan dekat habis kami pulang ke Angkinang. Karena kebetulan pas menjelang Ramadhan. Setelah beberapa kali ikut berjualan ke Kabupaten Paser tahun 2001 silam, hingga sekarang saya tak pernah lagi kesana. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...