Rabu, 25 Maret 2015

Biodata Drs HM Hasbi Salim

Rabu, 25 Maret 2015


            Penulis dengan nama lengkap Drs HM Hasbi Salim, lahir 26 Juli 1963 di Desa Rumpiang, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Kalsel. Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Amuntai yang juga dosen tidak tetap pada STIQ, STIA, STIPER, dan UT ini meraih predikat Guru Teladan II Tingkat Provinsi 1994 dan Guru Berprestasi III Tingkat Provinsi Tahun 2005.
Minat dan bakat menulisnya muncul sejak di MTs Abnaul Amin  Rumpiang dengan belajar menulis pantun melalui guru dan secara otodidak. Hasilnya, ia meraih Juara II lomba menulis pantun tingkat provinsi yang diadakan oleh salah satu radio swasta. Saat berstudi di MAS Al Irsyad Jambu Burung ia diperkenalkan dengan dunia kepenyairan melalui guru Bahasa Indonesianya yang bernama Fany Sastra. Ini mengantarnya mampu menulis sejumlah puisi yang menyebar di media cetak dan radio.
Saat mulai memasuki perguruan tinggi (Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin, Jurusan Tadris Bahasa Inggris 1983-1988) ia berkenalan dengan dunia pers dan jurnalistik melalui pendidikan dan latihan. Akhirnya aktif menulis di media massa dan dipercaya sebagai redaktur buletin kampus Obor dan Mimbar Mahasiswa.
Mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (1987-1988) ini pada pertengahan kuliahnya mulai menekuni dunia karya tulis ilmiah. Ia beberapa kali menjuarai lomba karya tulis ilmiah antar perguruan tinggi tingkat provinsi, seperti Lomba Menulis tentang P4, KB, Kemahasiswaan, dsb. Ketika awal bertugas sebagai guru (PNS), kegemaran menulisnya kian meningkat, antara lain : Harapan I dua kali berturut-turut dalam Lomba Penulisan Naskah Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Depdiknas, Dirjen Jarahnitra, Jakarta 1999 dan 2000. Juara II tahun 2000 dan Harapan II tahun 2005 dalam Lomba Kreativitas Guru yang diselenggarakan oleh LIPI Jakarta.
Pada suatu ketika saat presentasi karya tulis dalam suatu lomba, penulis disarankan oleh Bapak Drs H Yustan Aziidin (alm), pendiri Banjarmasin Post, untuk terjun ke dunia fiksi dan nonfiksi. Setelah jatuh bangun tujuh tahun lebih. Akhirnya berhasil sebagai Juara Harapan IV Nasional Penulisan Fiksi berupa Antologi Cerpen Anak tahun 2004 dan Juara II Tingkat Nasional Penulisan Cerita Rakyat yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Tahun 2005. Juara II Tingkat Provinsi Penulisan Cerita Rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kalsel, 2007.
Akhir-akhir ini penulis kian menggandrungi cerpen, sehingga pada dua tahun terakhir ini tidak kurang dari 100 cerpen sudah dihasilkan. Sebagian telah dipublikasikan pada Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Tabloid Serambi Ummah, Majalah Kartini. Al Kisah, Sahabat Pena, Mentari, Kids Fantasi, Asuh, dan Kompas.
Penulis yang berprinsip menulis adalah ibadah, karena menulis adalah dakwah bil kitabah ini telah menghasilkan beberapa buku, antara lain : Beternak Itik Alabio (nonfiksi), Adicita, Yogyakarta, 2004. Kambang Barenteng (fiksi), Adicita Yogyakarta, 2004. Putri Sasirangan (Novel) SIC Surabaya, 2005. Misteri Pohon Kasturi (Antologi Cerpen Anak), Widya Duta, Bandung, 2007. Dunia Sahabat (Antologi Cerpen Anak), Zikrul Hakim, Jakarta, 2007.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...