Jumat, 20 Maret 2015

100 Tokoh Islam Indonesia

Jum'at, 20 Maret 2015


Judul Buku : 100 Tokoh Islam Paling Berpengaruh di Indonesia
Penyusun : Drs Shalahuddin Hamid, MA dan Drs Iskandar Ahza, MA
Penerbit : PT Intimedia Cipta Nusantara
Pencetak : PT Nusantara Lestari Ceria Pratama, Jakarta Selatan
Tahun Terbit : 2003
Tebal : 516 halaman
ISBN : 979 3432 67 5
Desain Sampul : JPG – Irfan Fahmi
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Jenis Huruf : Times 11 pt

            Tokoh yang termuat dalam buku ini ada seratus orang.  Diantaranya KH Hasyim Asyari, KH Ahmad Dahlan, Ir Soekarno, KH Imam Zarkasyi, Syeikh Abdurrauf Singkel, Prof Dr Hamka, Raden Fatah, Bung Hatta, Dr Mohammad Natsir, Syeikh Nawawi Al Bantani, Sunan Ampel, HOS Tjokroaminoto, Jenderal Soedirman, Syeikh Yusuf, dsb. Sementara dari Kalimantan Selatan antara lain ada Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari (hal 203) dan Pangeran Hidayatullah (hal 296).
Kehadiran buku ini sedikit banyaknya menambah wawasan tentang keberadaan tokoh Islam di Indonesia selama ini. Setidaknya bagi diri saya sebagai penyuka buku-buku berbau ketokohan. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari perjalanan hidup yang tertuang dalam kisah hidup mereka.
Besarnya pengaruh Tebuireng dan kiprah dari para ulamnya, telah membuat pemerintah Jepang mendata jumlah Kyai / ulama yang ada di Jawa khususnya di Tebuireng. Dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Sambu Beppang (Gestapo Jepang) pada tahun 1942, terdapat dua puluh lima ribu kyai / ulama, kesemuanya produk Tebuireng. Data itu menunjukkan betapa besar peran dan pengaruh KH Hasyim Asyari dalam mencetak kader ulama untuk pengembangan dan penyebaran ajaran Islam di Jawa pada awal abad 20. (halaman 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...