Kamis, 24 Juli 2014

Memanfaatkan Bantuan Dinas LH Takoper HSS

Jum'at, 25 Juli 2014




          
  Beberapa waktu lalu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang mendapatkan bantuan dari Dinas LH Takoper (Lingkungan Hidup Tata Kota dan Perdesaan) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berupa komposter aerob skala rumah tangga. Komposter adalah sebuah bak atau tong tempat sampah yang diolah menjadi kompos. Komposter membantu menjaga suhu dan kelembaban sampah sehingga hasil kompos lebih maksimal.

            Kepala MTsN Angkinang, Gazali, S.Ag, menyampaikan MTsN Angkinang merupakan salah satu madrasah di HSS yang mendapatkan bantuan tersebut. “ Mudahan bantuan ini bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Mengolah sampah menjadi kompos yang bisa digunakan untuk kepentingan di MTsN Angkinang sendiri,” ujar Gazali, Kamis (24/7).
            Komposter aerob tersebut, dikatakan Gazali, bisa digunakan sebagai upaya mengurangi permasalahan sampah menjadi sesuatu yang bernilai manfaat. “ Akan kita maksimalkan agar bantuan ini berdaya guna. Jangan sampai mubazir,” kata Gazali.
            Norhasanah, S.Pd.I, salah seorang Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di MTsN Angkinang, menyebutkan bantuan ini sebagai wujud perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Dinas LH Takoper HSS. “ Ini bukti madrasah kita mendapat perhatian dari Pemkab HSS. Berupa bantuan komposter aerob sebagai upaya menciptakan madrasah yang bersih dan hijau,” ujar Norhasanah.
            Dijelaskan Norhasanah, dengan adanya komposter aerob ini madrasah menjadi bersih dari sampah. “ Selain itu juga madrasah menjadi hijau karena banyaknya tanaman yang tumbuh di MTsN Angkinang dipupuk dari kompos yang diolah sendiri melalui komposter aerob,” jelasnya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...