Rabu, 18 Januari 2017

Pantai Ujung Pandaran

Kamis, 19 Januari 2017






Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu objek wisata bahari andalan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putih dan kekayaan biota lautnya.

Pantai ini membentang sepanjang 10 kilometer mulai dari Kabupaten Kotim hingga perbatasan Kabupaten Seruyan. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis pantai yang landai.

Pantai Ujung Pandaran merupakan representasi dari keindahan pemandangan alam yang sungguh mempesona. Di tempat wisata ini, wisatawan dapat menjumpai hamparan pasir putih bersih yang begitu luas. Dari kejauhan pohon nyiur di pinggir pantai tampak seperti memagari pantai ini.

Ombaknya yang cukup besar menimbulkan buih putih setiap kali pecah tertentu dengan gulungan ombak yang lain. Pantai Ujung Pandaran ini memiliki kekayaan biota laut.

Biota laut yang ada di Pantai Ujung Pandaran, antara lain : ubur-ubur, ikan liar, dan berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang.

Selain dapat menikmati panorama Pantai Ujung Pandaran, pada 10 Syawal atau sepuluh hari setelah Idul Fitri pengunjung dapat menyaksikan tradisi melarung sesaji ke tengah laut. Upacara adat ini dinamakan dengan Simah Laut.

Simah Laut adalah ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum memulai pelayaran ke laut untuk mencari ikan. Pantai Ujung Pandaran terletak di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotim.

Pantai ini cukup mudah diakses. Wisatawan dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari kota Palangkaraya, perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh melalui rute Palangkaraya-Sampit. Dari Sampit menuju lokasi wisata berjarak sekitar 100 kilometer.

Sebagai objek wisata favorit, Pantai Ujung Pandaran memiliki sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya tempat istirahat sementara di lokasi pantai, kapal wisata, mushala, toilet, pemandian umum, rumah penginapan, serta rumah makan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...