Kamis, 19 Januari 2017

Belajar di Alam Ala MTsN Angkinang

Kamis, 19 Januari 2017




Siswa Kelas VII E Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angknang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), memanfaatkan keberadaan persawahan yang ada di sekitar madrasah sebagai tempat pembelajaran, Kamis (19/01/2017) pagi.

Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MTsN Angkinang, Maulia Ulfah, S.Pd menyampaikan siswa Kelas VII E berada di tepi sawah sekitar madrasah selama satu jam pelajaran. “Adapun materi yang dibahas tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan,” ungkap Maulia Ulfah.

Menurut Maulia, para siswa Kelas VII E yang dibagi dalam beberapa kelompok tampak senang mengikuti pembelajaran seperti itu, berada di alam dengan suasana yang segar dan menyejukkan. “Mereka saya tugaskan mencatat apa saja makhluk hidup di sekitar tanaman padi yang menyertai interaksi sehari-hari,” ujar Maulia.

Setelah itu ditambahkan Maulia, hasilnya akan di diskusikan kembali secara bersama-sama di dalam  kelas, apa saja hubungan dengan makhluk lain di sekitarnya. “Tujuan belajar di alam untuk bisa mengenal lebih jauh tentang interaksi makhluk hidup, dan juga agar tak jenuh selama berada di dalam kelas,” ujar Maulia.

Salah seorang siswa Kelas VII E MTsN Angkinang Yoga Rusydi Arifin yang ikut belajar di persawahan menyebutkan apa yang ia ikuti sebagai kegiatan yang cukup menyenangkan dan  memberikan pengalaman baru.

“Saat jenuh di dalam kelas Ibu Maulia mengajak ke persawahan di belakang madrasah, untuk mengikuti pembelajaran di alam, kami tentu sangat suka sekali dengan hal seperti ini,” ujar Yoga Rusydi Arifin. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...