Senin, 28 Desember 2015

Baah Pamulaan di Kabupaten HSS

Selasa, 29 Desember 2015


Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan sekitarnya pada Senin (28/12/2015) dinihari membuat beberapa tempat rendah tergenang pada pagi harinya. Berdasarkan pantauan beberapa daerah di HSS tergenang air. Seperti di Kamat, Kecamatan Telaga Langsat.

Lalu di Kayu Abang, Taniran, Telaga Sili-Sili, Pulantan dan Sungai Hanyar. Semuanya ada di Kecamatan Angkinang. Air sungai Angkinang yang meluap menyebabkan sebuah rumah di Desa Angkinang Selatan ambruk karena tergerus air. Sehingga penghuni rumah harus mengungsi ke tetangga.

Seluruh barang diangkut untuk diselamatkan. Warga dibantu oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS yang turut membantu korban.

Sementara di Pulantan Angkinang sebuah jembatan hampir roboh akibat terhantam sampah berupa batang kayu yang hanyut dibawa derasnya air sungai. Pihak BPBD HSS dan Pemerintah Kecamatan Angkinang turun tangan membantu.

Sungai dan persawahan yang tergenang menjadikan aliran yang deras. Warga memanfaatkannya untuk mencari ikan dengan cara mahancau. Lewat mahancau warga bisa mendapatkan anak ikan seperti papuyu, sapat, dsb.

Di Telaga Sili-Sili dan Kamat hampir sepanjang jalan banyak warga yang mahancau. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena momen seperti ini hanya ada saat air sedang baah atau banyu dalam. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...