Selasa, 10 Maret 2015

Peraturan Pertandingan TSP HSS Tahun 2015

Selasa, 10 Maret 2015


Peraturan Pertandingan Turnamen Sepakbola Pelajar (TSP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2015

            Peraturan pertandingan mengacu kepada peraturan permainan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Peraturan pertandingan bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat setelah disetujui oleh seluruh peserta. Pertandingan menggunakan sistem gugur semua tingkatan. Setiap tim yang bertanding wajib menyertakan identitas dari sekolah yang bersangkutan berupa daftar biodata pemain, buku raport asli, ijazah terakhir asli, akta kelahiran asli dan surat keterangan dari kepala sekolah.
Setiap tim yang bertanding harus mengenakan pakaian seragam bernomor punggung, kaos kaki panjang disertai pelindung tulang kering. Pemain yang melakukan pergantian nomor punggung pada pertandingan berikutnya, maka manajer / pembimbing wajib membuat berita acara penggantian nomor punggung dan dikenakan biaya Rp 5000 / orang. Lama pertandingan dilaksanakan dengan waktu 2 x 30 menit untuk tingkat SMA dan SMP sederajat dan 2 x 20 untuk tingkat SD sederajat. Hal ini berlangsung dari babak pertama sampai grand final.
Dalam satu hari akan dilaksanakan 2 (dua) kali pertandingan, kick off pertandingan pertama dimulai pada pukul 14.30 WITA dan kick off pertandingan kedua pukul 16.30 WITA. Tim  yang akan bertanding diharapkan datang 30 menit lebih awal sebelum pertandingan dimulai dan mengisi DSP dan skrinning pemain. Setiap tim yang akan bertanding wajib melakukan skrinning pemain kepada panitia dan melakukan cross cek pemain kedua tim. Waktu skrinning untuk jadwal pertandingan pertama pada pukul 14.00-14.20 WITA. Dan jadwal pertandingan kedua pada pukul 15.50-16.10 WITA. Sebelum pertandingan dilaksanakan, tim yang akan bertanding menyerahkan uang jaminan sebesar Rp 100.000.
Akumulasi kartu kuning sebesar Rp 20.000 dan kartu merah Rp 40.000. Pemain yang menerima akumulasi kartu kuning berturut-turut dalam dua kali pertandingan, tidak berhak mengikuti satu kali pertandingan berikutnya. Dan apabila menerima satu kali akumulasi kartu merah, juga tidak berhak mengikuti satu kali pertandingan berikutnya. Apabila tim yang akan bertanding belum berhadir atau tidak berhadir dari waktu yang ditentukan diatas, tanpa peringatan pemanggilan tim tersebut lebih dahulu, tim tersebut menyatakan mengundurkan diri (WO) dengan kemenangan lawannya 5-0.
Apabila menjelang pertandingan dan disaat pertandingan terjadi hambatan cuaca, kondisi lapangan dinilai tidak memungkinkan untuk dilanjutkan pertandingan dan atau terjadi sesuatu insiden yang tidak diinginkan, maka pertandingan dengan kesepakatan kedua tim yang bertanding akan ditunda dengan jeda waktu 2 x 30 menit. Apabila berakhir waktu jeda tersebut tetapi pertandingan dinilai tetap tidak dapat dilanjutkan, maka diulang pada besok pagi pukul 08.00 WITA dengan skor tetap pada pertandingan sebelumnya dengan ketentuan biaya pertandingan ditanggung oleh peserta yang bertanding.
Apabila terjadi insiden pada pemain (cedera), panitia akan memberikan bantuan sebatas pertolongan pertama dan kemudian ditindaklanjuti oleh tim yang bersangkutan. Apabila tim yang bertanding diketahui dan terbukti menggunakan pemain yang tidak sesuai ketentuan yang ditetapkan atau memalsukan data pemain, maka panitia akan memberikan sanksi dengan menggugurkan tim tersebut sebagai peserta. Apabila tim yang dikenakan sanksi oleh panitia memenangkan atau menjuarai pertandingan, maka tim yang dibawahnya yang berhak mengikuti fase berikutnya.
Bagi tim yang mengundurkan diri dinyatakan gugur dalam pertandingan, dan tidak berhak tim yang dikalahkan sebelumnya mengikuti fase pertandingan berikutnya ataupun mendapatkan peringkat juara. Apabila suporter pendukung tim terbukti melakukan anarki atau melakukan kegiatan yang mengakibatkan pertandingan ditunda dan dihentikan sampai pertandingan berakhir, maka sanksi akan dibebankan kepada tim yang didukungnya dengan sanksi digugurkan tim tersebut dan denda sbesar Rp 500.000 serta tidak diikutsertakan kembali pada even-even Dinas Pendidikan HSS berikutnya.
Penentuan pemenang, apabila skor dalam waktu normal pertandingan kedua tim berakhir dengan hasil imbang, maka langsung dilanjutkan dengan tendangan adu penalti 5 orang penendang pertama. Dan apabila dalam adu penalti 5 penendang pertama tetap berakhir dengan kedudukan hasil imbang, maka dilanjutkan sisa pemain line up yang sama jumlahnya. Dan apabila tetap dalam kedudukan imbang, maka langsung diadakan adu tos koin dengan sistem sudden death tanpa tendangan penalti.
Protes dapat dilakukan terhadap panitia dengan cara membuka persidangan dan mengajukan permohonan tertulis terlebih dahulu dan dengan membayar biaya persidangan sebesar Rp 1000.000 (satu juta rupiah) dimuka. Permohonan protes tidak diterima apabila permohonan melewati batas waktu 1 x 24 jam setelah pertandingan selesai. Sidang dilaksanakan di Dinas Pendidikan HSS pada jam kerja, dipimpin oleh pejabat Dinas Pendidikan dan tertutup bagi umum.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...