Senin, 16 Maret 2020

Diary : SL.17.03.2020

Selasa, 17 Maret 2020

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar Selasa, Imam H Mastur, Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Iful Dayah, samping kiri Rizal. Usai shalat Subuh kembali Bandi Puspa memastikan para jamaah untuk hadir pada siang Selasa di tempat Hj Yana, untuk menjamu Babacaan Rajab 1441 H.

>Sempat datang ke tempat kerja. Print out tulisan untuk bahan bacaan. 

>Ke warung Mama Icha depan madrasah, beli nasi bungkus dua, wadai untuk tiga biji.

>Ke depan Laboratorium Komputer MTsN 3 HSS. Foto-foto dengan kamera handphone, persiapan hari kedua UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2019/2020. Dimana kata seorang siswa mata pelajaran yang diujikan adalah Fiqih. 

>Kegiatan Babacaan setiap bulan Rajab dan Sya'ban rutin dilaksanakan setiap tahun di Langgar Al Kautsar RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Seperti pada Rajab 1441 H / 2020 M ini sudah memasuki minggu ke - 4. Dilaksanakan setiap Selasa siang, dengan penceramah Ustadz Sukses Al Mabud, dan Kalam Ilahi HA Mawardi. Alhamdulillah saya tak pernah absen mengikutinya. Dengan harapan sebagai ajang silaturrahmi, menuntut ilmu agama, ibadah, dsb. Setiap pelaksanaan Babacaan, ada warga yang sudah menyiapkan sebagai penjamu. Yang sudah ada Hj Asa, Ibu Mega, dan Iful Dayah. Berikutnya ada Hj Yana yang akan jadi penjamu undangan Babacaan Rajab 1441 H. Di rumah penjamu, ada acara, sesuai apa keinginan tuan rumah. Rata-rata yang sudah dijalani, ada mahaul. Dengan pembacaan Surah Yasin, Tahlil, dan Doa Haul. Berikutnya undangan menikmati sajian menu makanan yang sudah disiapkan tuan rumah. Ada lauk, nasi putih, teh manis, dan cuci mulut berupa buah atau agar-agar. Usai dari rumah penjamu undangan menuju Langgar Al Kautsar. Setelah beberapa menit, acara dimulai. Biasanya langsung saja pembacaan Kalam Ilahi, tanpa ada jadwal acara yang dibawakan MC. Setelah Kalam Ilahi dilanjutkan dengan ceramah agama seputar riwayat Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. Adapun jamaah Babacaan Rajab ini terdiri para laki-laki, tua muda, dan perempuan warga Jiran Langgar Al Kautsar. Mereka memenuhi ruang Langgar dan palatar rumah warga terdekat. Babacaan berlangsung sekitar sejam. Usai babacaan dilanjutkan shalat Ashar berjamaah. Baru kemudian warga pulang ke rumah masing-masing. Dengan adanya babacaan ini sebagai penambah wawasan ilmu agama, sebagai bekal di dunia dan akhirat.

>Pekerjaan baru saya dalam beberapa minggu terakhir ini, jadi pengamat tanaman, tumbuhan, dan makhluk hidup di sekitar rumah. Ini setelah termotivasi dari membaca situs berita lingkungan. Tampak semangat menggebu-gebu pada diri saya. Selain senang membaca dan menulis, jadilah apa yang terhampar di depan mata saya amati dengan serius untuk kemudian hasilnya dituliskan. Tanaman / tumbuhan yang hidup di sekitar rumah saya, baik itu sengaja ditanam, atau tumbuh secara liar. Ada ubi kayu, bayam, cabe rawit, pandan, pisang, cherry, kangkung, pepaya, ubi jalar, mangga, dsb. Sementara untuk hewan atau makhluk hidup lainnya ada siput, ayam, burung, tikus mariangin, kucing, capung, nyamuk, lalat, dsb. Keberadaan mereka bukti kekayaan flora dan fauna di atas bumi, yang ada di tempat saya. Mereka bisa jadi bahan atau sumber ilmu pengetahuan dalam menunjang kehidupan. Tanaman pisang di tempat saya ada berbagai jenis. Ada pisang manurun, pisang awa, pisang mahuli, dsb. Akan tetapi saat sudah tua, kondisi pisang kurang bagus, tidak sesuai harapan. Warga menyebutnya kena sunami. Sehingga tak bisa dinikmati, hanya bisa dibuang saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)