Minggu, 03 Juni 2018

Pasar Murah Ramadhan 1439 H TP PKK HSS di Desa Kapuh

Senin, 4 Juni 2018



Pasar Murah Ramadhan TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali digelar. Setelah dilaksanakan berturut-turut di Desa Hariti Kecamatan Sungai Raya, Desa Bangkau Kecamatan Kandangan, Desa Pandak Daun Kecamatan Daha Utara, dan Desa Madang Kecamatan Padang Batung, kali ini Pasar Murah Ramadhan TP PKK HSS digelar di Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, bertempat di halaman Kantor Desa setempat, Senin (04/06/2018).

Dikutip dari akun facebook Protokol dan Kehumasan Setda HSS, hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua TP PKK, Hj Rabiatul Adawiyah Ideham beserta para Pengurus TP PKK HSS, Kepala Desa Kapuh, Abdul Haris, Ketua TP PKK Kecamatan Simpur, Septia Lisdawati Karim beserta pengurus dan dihadiri pula oleh masyarakat Desa Kapuh.

Pasar Murah yang digelar di Desa Kapuh, merupakan Pasar Murah yang terakhir digelar di Bulan Ramadan 1439 Hijriah oleh TP PKK Kabupaten HSS. Selain menjual paket sembako dengan harga murah dibandingkan harga pasar, dalam Pasar Murah Ramadhan tersebut juga dijual pakaian layak pakai dengan harga yang sangat murah.

Sebagian besar dari pakaian tersebut bahkan hanya diberikan secara cuma-cuma kepada warga Desa Kapuh yang memerlukan. Menurut Sekretaris TP PKK Kabupaten HSS, Hj Murjiah, Pasar Murah Ramadhan 1439 H merupakan kerjasama TP PKK dengan Bank Kalsel, BPD Syariah, BRI Cabang Kandangan, dan PT Antang Gunung Meratus.

Dijelaskan pula, PKK menjual 80 paket sembako bersubsidi yang tiap paketnya berisi minyak goreng, gula, limun, susu kaleng dan tepung terigu. “Harga pasarnya lima puluh ribu, tapi kita menjualnya hanya tiga puluh ribu. Jadi disubsidi sebesar dua puluh ribu untuk masing-masing paket,” ujar Hj Murjiah.

Sementara itu, Dinas Perdagangan Kabupaten HSS juga turut serta menggelar Pasar Murah bersama TP PKK Kabupaten HSS. Menurut Kepala Bidang Bina Perdagangan Daerah, Dinas Perdagangan Kabupaten HSS, M Afif Bizri, sembako yang dijual oleh Dinas Perdagangan, disebar di lima belas titik di Kabupaten HSS. Setiap titik ada 100 warga kurang beruntung yang diberikan subsidi untuk membeli lima barang.

“Satu barang subsidinya dua ribu rupiah. Misalnya kalau harga distributor untuk satu kilogram gula kami jual sebelas ribu rupiah, tapi kalau memakai kupon bersubsidi, maka satu kilogram gula hanya sembilan ribu,” ujar M Afif Bizri.

Menurut Afif Bizri, Desa Kapuh merupakan titik ke dua belas tempat digelarnya Pasar Murah dari Dinas Perdagangan HSS. Rencananya, Pasar Murah Dinas Perdagangan HSS terakhir akan digelar di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung.

Untuk sistem pembeliannya, hampir sama dengan pembelian paket Pasar Murah PKK HSS, yaitu warga menyerahkan uang sejumlah harga yang telah ditentukan untuk satu kupon, dan kupon tersebut nantinya ditukarkan dengan paket sembako. Untuk paket sembako dari TP PKK, semua isinya sama, dan untuk Pasar Murah dari Dinas Perdagangan HSS, masyarakat dibebaskan memilih dan membeli lima barang, sesuai dengan yang mereka butuhkan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)