Minggu, 24 Juni 2018

Kenangan Indah Masa Kecil

Senin, 25 Juni 2018

Masa kecil yang indah dan membahagiakan masih dikenang Dugal dengan jelas di kampungnya di Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Khususnya hari-hari di bulan Ramadhan atau bulan puasa. Waktu duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) dulu, karena bulan puasa sekolah libur, jadi waktu dihabiskannya di rumah saja.

Pagi sampai tengah hari bermain dengan teman se kampung. Duduk di gardu pos ronda sambil badumlah. Lalu pergi ke belakang desa, bermain laduman paring. Dugal hanya tukang bantu saja. Kalau memainkan tidak suka.

Laduman sudah dibuat beberapa hari sebelumnya. Tinggal beli minyak tanah dan membawa kain. Bila tengah hari permainan dihentikan untuk shalat Dzuhur dulu. Bila puasa saat musim baah, Dugal dan teman-temannya bermain di sungai. Batajun di jembatan asyik sekali.

Juga balarut di sungai sampai beberapa ratus meter jauhnya. Ikut ke sawah cari ikan dengan bakacal. Maksudnya dengan modal tangan hampa tanpa alat. Cuma membawa wadah untuk menampung hasil tangkapan. Ada banyak ikan yang diperoleh seperti papuyu, haruan, sapat, dsb. Kalau banyak bisa digunakan untuk menu berbuka puasa, sahur dan dijual ke tetangga. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)