Senin, 04 Juni 2018

Dandim Kandangan Beri Motivasi Peserta Pesantren Ramadhan 1439 H

Selasa, 5 Juni 2018



Sabtu (02/06/2018) Komandan Kodim (Dandim) 1003 / Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto memberikan motivasi kepada peserta Pesantren Ramadhan 1439 H di Masjid Agung Taqwa Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dikutip dari banjarmasinpost.co.id, materi yang disampaikan Dandim Kandangan ini terkait dengan wawasan kebangsaan. Diawali dengan yel-yel sebagai stimulan dan spirit kepada peserta pesantren Ramadhan. Sehingga doktrin keagamaan dan nasionalisme dapat dihayati, diaktualisasikan dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Menurut Dandim yang baru menjabat ini, pemuda Indonesia sangat cepat menguasai teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi.  "Banyak pengaruh yang sangat cepat masuk melalui media dan mempengaruhi pemikiran pemuda. Sehingga perlu adannya filter," katanya, Senin (04/06/2018).

Salah satunya dengan pemberian bekal keislaman dan wawasan kebangsaan bagi pemuda dan pemudi peserta Pesantren Ramadhan 1439 H di Masjid Agung Taqwa Kandangan. "Dalam sebuah bangsa, pemuda adalah agent of change (agen perubahan) dan sebagai generasi penerus atau estafet ke depannya," tegasnya.

Menurutnya, sebuah perjuangan hampir mustahil sukses tanpa kiprah dari kaula muda. Tapi sayangnya kini banyak pemuda yg terjerembab menjadi korban pembaratan, terjebak dalam sarana pemuas syahwat.

Banyak juga yang melakukan aktivitas yang tidak bernilai ibadah, merusak diri, cenderung desdruktif dan menghancurkan potensi jati diri serta pegangan hidup. Pihaknya berpesan kepada peserta pesantren ramadhan agar menghindari markoba, perangi ISIS dan radikalisme.

"Kegiatan ini merupakan pilihan kegiatan yang bermakna positif untuk banyak belajar. Selagi masih muda harus punya motivasi, semangat belajar, punya figur suri tauladan dan punya jiwa leadership," bebernya.

Pesantren Ramadhan dapat menjalin silaturahmi, kekerabatan dan ukhuwah Islamiyah dengan para peserta kegiatan. Bulan Ramadhan disebut juga sebagai The Month of Training.

"Bulan yang di dalamnya penuh dengan berbagai latihan baik latihan fisik maupun mental. Latihan fisik karena kita dilatih untuk tetap bekerja secara profesional meski dalam keadaan berpuasa. Sedangkan latihan mental diantaranya kita dilatih untuk mampu mengendalikan berbagai hasrat dan keinginan," pungkasnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)