Jumat, 28 Agustus 2015

Shalat Jumat di Masjid Quba Amawang Kandangan

Jum'at, 28 Agustus 2015


Masjid Quba Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi tujuan saya untuk menunaikan shalat Jum’at (29/08/2015) kali ini. Berjarak sekitar 11 kilometer dari Angkinang, tempat tinggal saya. Masjid ini berada disisi kanan jalan arah Kandangan - Kalumpang.

Dengan naik sepeda motor Supra Fit kesayangan saya berangkat sekitar pukul 11.30 WITA dari tempat kerja di MTsN Angkinang. Setibanya disana lalu memarkir sepeda motor ditempat yang sudah disediakan, di sisi kanan depan masjid. Lalu mencari WC dan pauduan. Setelah dari WC dan berwudhu saya masuk ke dalam masjid. Mencari shaf belakang tepat disisi kanan.

Petugas Jum’at kali ini berasal dari Jiran Langgar Bariang. Saya lupa nama petugasnya. Tanda tibanya shalat menggunakan sirene dan dauh atau bedug. Khatib kali ini menyampikan  materi tentang peranan orangtua terhadap anak. “Menyambut kelahiran anak. Anak wajib taat pada kedua orangtua,” ujar Khatib.

Di dalam Masjid  Quba terdapat 12 shaf. Satu shaf bisa diisi sekitar 20 jamaah. Salah satu jamaah masjid yang saya kenal adalah Bapak Samideri asal Mandampa. Beliau adalah Kepala Tata Usaha MTsN Amawang. Mungkin beliau kada babulikan ke rumah pulang dari tempat kerjanya. Saya hanya melihat dari kejauhan saja. Tidak bertegur sapa. Sejam lebih berada di Masjid Quba saya beranjak pulang. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...