Selasa, 25 Agustus 2015

Saruan Pangantin, Pelantikan Pambakal, dan ke Telaga Sili-Sili

Selasa, 25 Agustus 2015


Banyak agenda yang saya lakukan pada hari Senin (24/08/2015). Berangkat dari rumah di Angkinang menuju Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tempat saya bekerja, berjarak sekitar 1 kilometer dari rumah, pukul 07.00 WITA.

Seperti biasa naik sepeda motor Supra Fit kesayangan. Tiba di madrasah suasana masih lengang. Saya memarkir sepeda motor di tempat parkir. Lalu masuk ke ruang Tata Usaha (TU). Memencet pinger print. Rencana yang jadi pembina upacara apel pagi Senin adalah dari Komando Rayon Militer (Koramil) Angkinang. Namun karena kurang komunikasi batal. Diganti dengan Bapak Kepala MTsN Angkinang, Gazali, S.Ag, M.Pd.I.

Usai upacara saya ikut saruan pangantin ke Mandampa. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari MTsN Angkinang. Ke tempat Bapak Samideri, Kepala TU MTsN Amawang. Dulu Bapak Samid pernah jadi Kepala TU MTsN Angkinang.

Yang pangantin anak lelakinya. Ke Mandampa ikut dengan Amud. Juga bersama dengan yang lainnya. Jazuli ikut Yamani. Di tempat pangantin saya mengambil menu lontong sayur dengan lauknya hintalu. Juga saya menikmati lupis. Usai saruan kami kembali ke madrasah.

Pukul 10.00 WITA saya ke Kantor Kecamatan Angkinang menyaksikan pelantikan 6 (enam) pambakal atau Kepala Desa. Kepala Desa yang baru itu dilantik langsung Bupati HSS, H Achmad Fikry. Disaksikan Wakil Bupati HSS, H Ardiansyah, Ketua DPRD HSS, Syamsuri Arsyad, dan undangan lainnya.

Sebelum ke Angkinang Bupati HSS juga melakukan pelantikan Kepala Desa di Kecamatan Telaga Langsat. Adapun enam Kepala Desa yang dilantik berasal dari Desa Angkinang, Angkinang Selatan, Bakarung, Taniran Kubah, Telaga Sili-Sili, dan Bamban Utara.

Saya bertemu dengan Sofan dan Ida Laeny. Keduanya jurnalis yang bertugas di Kabupaten HSS. Sofan di Media Kalimantan dan Ida di Barito Post. Juga dengan yang lain ada Ucok dari Amandit FM. Selain itu ada Jumberan yang jadi sopir mobil TP PKK HSS.

Pukul 14.00 WITA saya ke Telaga Sili-Sili melihat kondisi jalan baru selesai diaspal. Jalan terlihat mulus. Juga memotret siswa MTsN Angkinang yang berasal dari desa tersebut saat melintas di jalan yang mulus itu.

Saya ikut belok jalan samping SDN Telaga Sili-Sili. Yang dilewati berupa jalan setapak. Terus ke Ambutun lalu ke Kandangan. Pulang dari Kandangan singgah di warung dekat Langgar di Bakarung. Menikmati es satrup dan beberapa guguduh. Usai dari Bakarung saya pulang. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...