Minggu, 06 Juli 2014

Menengok Pasar Wadai Ramadhan 1435 H di Angkinang

Senin, 7 Juli 2014

            Ada yang berbeda dari pelaksanaan Pasar Wadai Ramadhan 1435 H dari tahun sebelumnya di Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Kalau biasa lokasinya  di area dalam , kini berada di halaman depan Pasar Angkinang. Perubahan ini tentu mendapat respon positif.
            Tingkat kunjungan pembeli melonjak naik. Menggunakan beberapa tenda besi. Ada puluhan pedagang aneka kue (wadai) dan masakan menu berbuka puasa. Mereka mulai buka sekitar pukul 12.00 s.d 14.00 WITA.
            Pasar wadai ini menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung yang datang bukan saja berasal dari warga sekitar. Tapi juga desa-desa tetangga dan daerah lain yang kebetulan melintas di Angkinang. Kebetulan pasar angkinang berada di tepi jalan raya Trans Kalimantan.
            Mereka singgah untuk membeli wadai atau masakan lainnya. Harga yang cukup terjangkau menjadi kelebihan pasar wadai ini. Adapun beberapa wadai yang dijual di pasar wadai tersebut anatara lain sumapam, bingka barandam, putu mayang, roti hambar, dsb. Jenis masakan seperti katupat, gangan, ayam masak habang, dsb.
            Udin (30), warga Angkinang, mengaku turut terbantu dengan kehadiran pasar wadai ini. “Saya setiap hari datang kesini untuk membeli wadai atau masakan lainnya.,” ujar Udin yang tinggal sekitar 1 kilometer dari pasar tersebut.
            Udin mengharapkan tradisi pasar wadai ini tetap lestari. “Mudahan kehadirannya tidak merusak nilai ibadah warga dalam berpuasa. Tapi sebagai sarana memudahkan warga untuk menu berbuka puasa,” ujar Udin.
            Salah seorang pedagang wadai, Nina mengatakan sejak awal Ramadhan 1435 H ia selalu meraup untung. “Alhamdulillah dagangan yang saya jual selalu ludes terjual setiap harinya,” ujar Nina yang berjualan bingka barandam.
            Hasil berjualan  diakui Nina, akan digunakan untuk ditabung dan kebutuhan keluarga sehari-hari. “Juga nanti untuk beli pakaian lebaran anak dan saya sendiri,” pungkas Nina.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...