Selasa, 09 Juli 2019

Kuyang Itu Tersangkut di Ranting Bambu

Rabu, 10 Juli 2019

Peristiwa ini dialami oleh kakeknya Dugal pada tahun 1980-an. Pulang dari mengikuti pengajian agama atau balajaran agama di Kandangan. Pulang tengah malam naik sepeda. Jarak dari Kandangan ke tempat tinggal kakeknya Dugal sekitar 10 kilometer.

Banyak teman pulang saat di wilayah Kandangan, tapi ketika arah ke Angkinang mulai berkurang, setelah berpisah, jadi tinggal kakek Dugal saja sendirian. Di kawasan Bakarung, karena waktu itu listrik belum ada, hanya penerang dari sepedalah yang bisa diandalkan menerangi jalan yang dilewati.

Pada pohon bambu yang tumbuh beberapa meter di tepi jalan kakek Dugal melihat seperti cahaya pada rantingnya. Kakek Dugal turun dari sepeda, karena penasaran apa sebenarnya yang ada di bambu itu. Kebetulan kakek Dugal membawa sinter.

Alangkah terkejutnya kakek Dugal, ternyata kuyang. Sosok perempuan tanpa bagian tubuh lain, hanya kepala dan usus terburai itu tersangkut di ranting bambu. Kuyang itu minta tolong agar bisa lepas dari tempat tersebut.

Kakek Dugal merasa iba lantas membantu, dengan mengaiskan tongkat kayu yang didapatkan dari sekitar rumpun bambu. Lantas setelahnya kuyang itu lepas dan menghilang. Kakek Dugal melanjutkan perjalanan untuk pulang ke rumahnya di Angkinang. (ahu)

1 komentar:

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)