Senin, 15 Juli 2019

Berkunjung ke Makam Temenggung Jayapati di Abung Limpasu

Senin, 15 Juli 2019



Baru-baru tadi saya bersama seorang temang se kampung bajalanan ke Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Sepulang dari sebuah depot es di Karatungan, saya dan teman diajak rekan kami asal Labung Anak, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten HST, ke sebuah makam bersejarah di Bumi Murakata.

Namanya masih cukup asing bagi saya. Makam yang kami datangi itu agak jauh dari pemukiman warga. Harus melewati jalan batako, yang di kiri kanannya ada kebun karet, pohon rumbia, kebun cabai, dsb. Makam yang diketahui bernama Temenggung Jayapati itu terletak di Desa Abung, Kecamatan Limpasu, Kabupaten HST.

Makam Temenggung Jayapati berukuran 86 cm x 216 cm dengan cungkup yang terbuat dari kayu dan beratapkan seng. Makam sudah diplester dan diberi ubin atau keramik putih. Sementara gundukan tanah yang ada di permukaan makam atau biasa disebut warga setempat dengan balamika diberi penutup kain kuning. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)