Rabu, 17 Juli 2019

Berjuang Melawan Ketakutan

Kamis, 18 Juli 2019

Beberapa warga kampung Dugal yang bekerja di Sebangau, Kalimantan Tengah, mengalami musibah. Kapal yang mereka tumpangi diterjang ombak, lantas terbalik. Penumpang tercebur, saling menyelamatkan diri. Untung semua penumpang selamat. Namun setidaknya itu akan jadi pengalaman paling berharga seumur hidup bagi mereka.

Peristiwa terjadi puluhan tahun silam itu dialami oleh Yus’an, salah seorang yang mengalaminya. Mereka harus berjuang menyelamatkan diri menuju daratan terdekat. Untuk kemudian bertanya kepada orang kemana arah jalan menuju pulang ke kampung halaman.

Dengan pakaian yang hanya ada di badan, tanpa ada uang sepeserpun. Mereka bekerja dalam bidang perkayuan, yang dulu cukup booming di Sebangau. Berjuang di sungai yang cukup luas, berpuluh-puluh menit dengan bertopang pada kayu papan seadanya.

Suasana gelap gulita, menuju daratan sangat mereka inginkan segera. Ditambah dengan perut keroncongan. Hal-hal aneh kerap ditemui sepanjang jalan, untuk berjuang menuju daratan itu. Semua itu tak dihiraukan. Terpenting bagi mereka bagaimana selamat sampai ke tujuan.

Pilihan harus sesegaranya pulang kampung. Yus’an mengaku cukup kapok melakoni pekerjaan yang penuh dengan tantangan itu. Suara binatang malam dan gelap gulita sempat membuat ciut nyali. Apalagi ia harus terpisah dengan rekan yang lainnya. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)