Jumat, 05 Juli 2019

Diary : Saruan Mahaul dan Mamutas

Sabtu, 6 Juli 2019

[JUMAT, 07 JUNI 2019]

>Bahrudin juga turut menyayangkan saya ampih bekerja di MTsN 3 HSS.

>Pakacauan / kobokan / pabasuhan adalah salah satu hal yang mesti ada setiap kali ada acara aruh atau selamatan. Seperti pangantinan, mahaul, dsb.

>Usai shalat Jum’at saruan ke tempat Irul Hasiati, mahaul abahnya bernama Kamsyahrani, juga Kamsi, dan beberapa anggota keluarga mereka yang sudah meninggal dunia. Sebagai pemimpin pembacaan Surah Yasin, Tahlil dan Do’a adalah H Tatam. Saya batatai H Ramli dan Irul Imi. Adapun menu yang disajikan berupa ayam masak kuning / bastik.

>Mamutas dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama warga. Mereka patungan untuk membeli putasnya. Beberapa ratus meter ke arah hulu putas ditebar. Karena jarang diputas, jadi ikan banyak yang didapatkan. Ada baung, lais, puyau, dsb. Lumayan untuk kebutuhan warga beberapa hari. Suasana di sungai tampak ramai. Masing-masing berusaha mendapatkan ikan yan sudah mabuk itu ke wadah yang mereka bawa dari rumah. Dengan menggunakan perangkap ikan sederhana. Ada hulung, tangguk, dsb. Biasanya ikan banyak didapat di tempat yang dalam banyak rungkah. Semakin ke hilir akan semakin banyak dan ramai ikan yang didapatkan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)