Rabu, 27 Juli 2016

Siswa Kelas VII MTsN Angkinang Praktek Wudhu

Kamis, 28 Juli 2016




Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tak hanya teori tapi juga praktek, dimana untuk Kelas VII praktek tentang ibadah, diawali bagaimana berwudhu yang benar seperti dilaksanakan pada Kamis (28/07/2016) pagi.

Yang kena giliran adalah Kelas VII B. Satu-persatu dari 28 siswa yang ada menjalankan tugasnya tersebut sambil disaksikan dan dinilai oleh guru Fiqih H Saleh Suaidi, S.Ag. Tampak para siswa melakukan gerakan tata cara berwudhu sesuai aturan yang ada.

Sesekali H Saleh Suaidi sebagai pengajar memberi aba-aba atau tanda bila ada kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Adanya praktek wudhu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami praktek ibadah yang sudah dijalankan.

Menurut H Didi, begitu sapaan akrabnya, wudhu merupakan gerbang atau kunci pertama dalam melaksanakan ibadah mahdah, karena wudhu menjadi salah satu syarat sah dari ibadah tersebut seperti shalat fardhu atau shalat sunat.

“Wudhu seringkali dianggap hal biasa sehingga peserta didik sering kurang berhati-hati dalam berwudhu padahal apabila wudhunya tidak sah maka tidak sah pula amalan wajib yang di kerjakannya,” ujar H Didi.

Ditambahkan H Didi melihat dari kebiasaan tersebut, karena kurangnya pemahaman siswa atas pentingnya menyempurnakan kaifiat wudhu yang sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya.

“Oleh sebab itu agar tidak terjadi lagi kekeliruan pemahaman dan penerapan yang dilakukan peserta didik dalam melaksanakan ibadah wajib maupun sunah yang di awali dengan wudhu maka peserta didik harus benar-benar paham tentang kaifiat berwudhu,” ujar H Didi.

Salah seorang siswa Kelas VII B MTsN Angkinang yang mengikuti praktek wudhu, M Ridho Arrijalul Aulia mengaku agak canggung juga saat mempraktekkan cara berwudhu, karena disaksikan oleh teman-teman dan guru pengajar Fiqih. “Tapi karena merupakan tugas serta kewajiban sebagai siswa dan umat Islam, saya sebisa mungkin dengan tertib dan lancar untuk menjalankannya,” ujar M Ridho Arrijalul Aulia. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)