Senin, 25 Juli 2016

Lebih Dekat Dengan Ahadyah Ayu Umaiya (Pengajar Muda IM di Kabupaten HSS)

Selasa, 26 Juli 2016




Nama lengkapnya Ahadyah Ayu Umaiya. Biasa disapa Ayu. Lahir di Pati, 19 September 1993. Mempunyai hobi menulis cerita, berkebun, mengoleksi novel, dan travelling. Ayu bercita-cita menjaid dosen  dan peneliti biosains.

Ayu memiliki riwayat pendidikan SDN 1 Sambiroto (1999-2005), SMPN 1 Tayu (2005-2008), SMAN 1 Tayu (2008-2011), dan perguruan tinggi di Dept Biologi, Fakultas Matematika dan Ikmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Insititut Teknologi Bogor (ITB) 2011-2015 jalur SNMPTN undangan dengan beasiswa Bidik Misi DIKTI.

Saat ini Ayu sedang mengikuti program Indonesia Mengajar (IM) sebagai Pengajar Muda (PM) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan penempatan di SDN Bajayau Tengah 1, Kecamatan Daha Barat.

Mengenai Kabupaten HSS Ayu punya komentar awalnya ia mengira kabupaten ini full sungai. Ternyata tidak. Kabupaten HSS menurutnya memiliki bentang geografi yang lengkap. Mulai dari sungai, rawa, pegunungan, dan dataran rendah. Ia kagum pada keberagaman agama, sosial budaya kemasyarakatan suku Banjar dan Dayak. Karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Semua menarik untuk diselami dan dikaji lebih jauh lagi.

Sementara kesannya terhadap anak-anak SDN Bajayau Tengah 1 termasuk anak-anak yang pintar. Dengan segala keterbatasan mereka, sebenarnya memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Rata-rata hadir di kelas 30 menit sebelum kelas dimulai.

Itu membuat ia kagum. Tinggal diarahkan dan dioles dengan sistem pendidikan yang lebih baik sedikit saja oleh guru dan orangtua di rumah. Insya Allah mereka akan menjadi anak-anak yang berkarakter unggul.

Sedangkan kesannya dengan desa Bajayau Tengah, desa ini dengan geografis sungai dan rawa memang memiliki banyak tantangan untuk dilalui, mulai dari tantangan, transportasi, cuaca dan sosial masyarakatnya.

Semua pihak perlu bergerak bersama-sama untuk memajukan pendidikan di desanya. Selain itu pula untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa dan masyarakat. Tahap demi tahap jika semua masyarakat mau bergerak, Insya Allah Desa Bajayau Tengah akan selangkah lebih maju. (akhmad husaini)

2 komentar:

  1. Punten pak ingin megoreksi, yang benar itu beliau alumni Institut Pertanian Bogor (IPB)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas koreksinya......Salam

      Hapus