Sabtu, 23 Juli 2016

Penilaian Lomba Posyandu Tahun 2016 Tingkat Provinsi Kalsel di Desa Karang Jawa Muka

Sabtu, 23 Juli 2016







Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Wahyu Ilahi, Desa Karang Jawa Muka, Kecamatan Padang Batung, terpilih mewakili Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Lomba Posyandu Tahun 2016 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Penilaian dilakukan pada Rabu (20/07/2016), bertempat di Posyandu Wahyu Ilahi. Selain itu, juga dilakukan penilaian Kader Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga Tingkat Provinsi Kalsel.

Tim Penilai dari Provinsi Kalsel disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs H M Ideham MAP dan Ketua TP PKK Kab HSS Hj Isnaniah A Fikry. Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Drs H Hubriansyah MAP, Para Kepala SKPD, TP PKK Kabupaten HSS dan masyarakat Desa Karang Jawa Muka.

Ketua TP PKK Desa Karang Jawa Muka, Santi Halfiani menjelaskan, Desa Karang Jawa Muka memiliki penduduk sebanyak 1.457 jiwa, yang penduduknya memiliki mata pencaharian yang beragam, mulai dari petani, pedagang, hingga Pegawai Negeri Sipil. Menurut Santi, Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang ada di Desa Karang Jawa Muka, tergambar pada pelaksanaan 2 Posyandu Balita, 1 Posyandu Lansia, 1 Bina Keluarga Balita (BKB), 1 PAUD, serta 1 Poskesdes.

“Dukungan pembiayaan desa berupa operasional posyandu, termasuk pembangunan gedung posyandu, tahun ini sekitar 31.25% dari dana APB Des,” ujarnya.

Melalui kelompok-kelompok Dasawisma, digalakkan upaya berperilaku hidup bersih dan sehat, terutama di dalam rumah tangga. “Saat ini Desa Karang Jawa Muka terdiri dari 429 rumah yang terbagi dalam 13 Dasawisma,” jelas Santi.

Santi Halfiani juga menambahkan, masyarakat di Desa Karang Jawa Muka juga berkomitmen melaksanakan 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Indikator tersebut yaitu, melahirkan dengan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan, rutin menimbang berat badan tiap bulan, menggunakan air bersih, cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir, jamban sehat, memberantas jentik dan sarang nyamuk, mengkonsumsi sayur dan buah, beraktivitas fisik, serta tidak merokok di dalam rumah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar